Selasa, 02 Desember 2025

SAS DAY 3 Rabu, 03 Desember 2025

| |

 

RUANG BELAJAR KELAS 5 A

SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

IDENTITAS:

Hari/tanggal             : Rabu, 03 Desember  2025

Kelas / Fase                : 5 A /C

Alokasi waktu           : 2×35 menit

pertemuan ke            : 1

MAPEL UJIAN SAS : MATEMATIKA & SENI BUDAYA


🌠 Capaian Pembelajaran :
MATEMATIKA
  • Bilangan : Pada akhir fase C, murid dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000.Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang.Melakukan pengurangan, oprasi perkalian,penjumlahan dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.Serta  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. 
  • Murid dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli.Mengubah pecahan menjadi berbagai bentuk pecahan lain serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
  • Aljabar : Pada akhir fase C,murid dapat menemukan nilai yang belum diketahui kalimat matematika yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1000 dengan menggunakan sifat-sifat bilangan dan oprasinya.Murid dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan perkalian dan pembagian.Bernalar secara proporsional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi.
SENI BUDAYA
  • Mengalami : Pada akhir fase C, peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan unsur-unsur bunyi musik berupa nada, irama, dan melodi baik intrinsik maupun ekstrinsik dengan memadukan alat musik ritmis dan melodis
  • Pada fase ini, peserta didik mampu mengamati berbagai bentuk tari tradisi yang dapat digunakan untuk mengekspresikan diri melalui unsur pendukung tari.
  • Pada akhir fase C, peserta didik mampu mengidentifikasi, mengeksplorasi, dan membandingkan unsur rupa, prinsip desain, dan gaya seni rupa dalam kehidupan sehari-hari (diri sendiri, lingkungan sekitarnya) atau karya seni rupa orang lain.
🌅Tujuan Pembelajaran : 
MATEMATIKA

Peserta didik dapat menyelesaikan soal ujian SAS Matematika dan Seni Budaya dengan benar.
 
💫Apersepsi :

 Good Morning everyone..
how are you this morning?

alhamdulilah kita kemarin sudah belajar mengikuti SAS di hari kedua, saatnya kita memasuki SAS hari 3 yaitu Matematika dan SENI BUDAYA

💫 Materi Pembelajaran : 
  • SENI BUDAYA
  • Jenis suara manusia
  • Teknik bernyanyi
  • Sumber bunyi 
  • Cara memainkan alat musik 
  • Alat musik daerah
  • Organ Tubuh saat bernyanyi
  • Alat musik berdasarkan cara memainkan
  • Asal daerah Alat musik
  • Unsur tari tradisional
  • Properti tari
  • Jenis tata rias
  • Jenis tata busana
  • Unsur tari tradisional
  • Tata Panggung
  • Jenis tari berdasarkan jumlah penari nya
  • Jenis tari rakyat
  • Asal daerah tari tradisional
  • Unsur tari tradisional
  • properti tari tradisional
  • Tari berkelompok
  • Unsur seni rupa 
  • Prinsip seni rupa
  • Ragam hias nusantara
  • Pengertian seni rupa
  • Ragam hias nusantara
MATEMATIKA

  • Bilangan cacah sampai 1.000.000.
  • Komposisi dan dekomposisi bilangan sampai 100.000
  • Operasi Hitung pada Bilangan Cacah Sampai 100.000
  • KPK dan FPB
  • Membandingkan dan mengurutkan pecahan
  • Penjumlahan dan pengurangan pecahan
  • Perkalian dan pembagian pecahan
  • Pecahan desimal
  • Menentukan kalimat matematika penjumlahan
  • Menentukan kalimat matematika pengurangan
  • Menentukan kalimat matematika pembagian
  • Menentukan kalimat matematika perkalian
  • Menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan rasio
💛 Kisi-kisi Materi MATEMATIKA

  • Disajikan tabel,murid mampu menentukan cara membaca bilangannya dengan benar.
  • Disajikan nama suatu bilangan,murid  mampu menuliskan bilangannya berdasarkan teks dengan benar 
  • Disajikan pernyataan berupa angka dan nilai tempat,murid mampu menentukan nilai angka dengan benar.
  • Disajikan pernyataan,murid mampu membandingkan bilangan ,Murid mampu menentukan urutan bilangan dari kecil kebesar dengan benar.
  • Disajikan sebuah bilangan,murid mampu menguraikan bilangan tersebut berdasarkan nilai tempatnya dengan benar.
  • Disajikan sebuah komposisi dan dekomposisi bilangan, peserta didik mampu menentukan bilangan tersebut menjadi bilangan dengan benar
  • Disajikan pertanyaan,murid mampu menentukan hasil penjumlahan,murid mamou menentukan pengurangan bilangan  dengan benar
  • Disajikan sebuah cerita,murid mampu menghitung operasi hitung campuran bilangan dengan benar
  • Disajikan bilangan,murid mampu menentukan hasil perkalian bilangan dengan benar
  • Disajikan bilangan,murid mampu menentukan hasil pembagian bilangan dengan benar
  • Disajikan sebuah cerita,murid mampu menentukan KPK bilangan dengan benar
  • Disajikan dua bilangan ,murid mampu menentukan faktori dari bilangan tersebut dengan benar
  • Disajikan dua buah bilangan pecahan biasa,murid mampu membandingkan pecahan tersebut dengan benar
  • Disajikan soal cerita pecahan biasa,murid mampu mengurutkan dari yang terkecil ke terbesar dengan benar
  • Disajikan pecahan biasa,murid mampu mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran
  • Disajikan sebuah cerita,murid mampu menentukan hasil penjumlahan pecahan  biasa dengan benar
  • Disajikan sebuah cerita, murid mampu menentukan hasil pengurangan pecahan dengan benar
  • disajikan pecahan,murid mampu menghitung operasi hitung campuran pada pecahan
  • Disajikan bilangan pecahan,murid mampu menentukan hasil pembagian pecahan dengan benar
  • Disajikan bilangan desimal murid mampu mengubahnya kedalam bentuk persen dengan benar
  • Disajikan bilangan persen,murid mampu mengubah bentuk persen menjadi bentuk desimal dengan benar
  • Disajikan bilangan desimal, peserta didik mampu mengubah bentuk desimal menjadi pecahan biasa dengan benar
  • Disajikan bilangan pecahan campuran,murid mampu mengubah pecahan menjadi desimal dengan benar
  • Disajikan kalimat matematika,murid mampu menentukan bilangan yang tepat dalam operasi hitung penjumlahan
  • Disajikan bilangan,murid mampu menentukan bilangan yang tepat dalam operasi hitung pengurangan
  • Disajikan kalimat matematika,Murid mampu menentukan bilangan yang tepat dalam operasi hitung perkalian
  • Disajikan soal cerita kalimat matematika,Murid mampu menentukan bilangan yang tepat dalam operasi hitung pembagian
  • Disajikan cerIta,murid mampu menentuak rasio dengan benar 
KISI-KISI SENIBUDAYA
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat menyebutkan jenis suara pada anak-anak.
  • Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan jenis suara tinggi pada laki-laki
  • Disajikan tabel, siswa dapat menyebutkan jenis suara rendah pada perempuan 
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat memilih teknik bernyanyi yang baik dan benar
  • Disajikan gambar,  siswa dapat menentukan jenis alat musik berdasarkan sumber bunyinya
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat menentukan cara memainkan alat musik
  • Disajikan gambar, siswa menentukan cara memainkan alat musik
  • Disajikan tabel, siswa dapat menentukan alat musik elektrofon
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat menyebutkan teknik bernyanyi yang baik dan benar
  • Disajikan soal, siswa dapat menyebutkan asal daerah alat musik tertentu
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat menentukan jenis suara pada perempuan dewasa
  • Disajikan soal, siswa dapat memperkirakan organ tubuh yang menghasilkan vokal 
  • Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat menentukan alat musik daerah tertentu
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat menentukan teknik bernyanyi yang sesuai
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat menyebutkan jenis suara pada perempuan dewasa
  • Disajikan soal, siswa dapat menyebutkan alat musik berdasarkan sumber bunyi
  • Disajikan soal, siswa dapat menyebutkan alat musik dengan cara ditiup
  • Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan Alat musik daerah di Indonesia
  • Disajikan tabel, siswa dapat menyebutkan alat musik dengan sumber bunyi kordofon
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat memperkirakan pengertian wiraga
  • Disajikan gambar, siswa dapat menentukan Properti tari
  • Disajikan teks singkat,  siswa dapat menentukan jenis tata rias
  • Disajikan teks singkat,  siswa dapat menentukan Jenis tata busana
  • Disajikan tabel, siswa dapat menyebutkan unsur pendukung tari
  • Disajikan teks singkat,  siswa dapat menentukan Jenis tata panggung
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat menyebutkan jenis tari tradisional 
  • Disajikan gambar, siswa dapat menentukan jenis tari berdasarkan jumlah penari nya
  • Disajikan soal, siswa dapat menentukan jenis tari rakyat
  • Disajikan uraian singkat,  siswa dapat menentukan asal daerah dari tari tradisional.
  • Disajikan soal, siswa dapat menentukan pengertian wirama
  • Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan properti tarian tradisional
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat menentukan tari berkelompok
  • Disajikan teks singkat, siswa dapat menentukan jenis tata rias
  • Disajikan soal, siswa dapat menentukan jenis tari berdasarkan jumlah penari
  • Disajikan soal, siswa dapat menuliskan arti dari unsur-unsur tari 
  • Disajikan soal, siswa dapat menuliskan contoh properti tarian tradisional 
  • Disajikan gambar, siswa dapat menuliskan asal daerah tarian tradisional
  • Disajikan soal, siswa dapat menuliskan 3 jenis tari tradisional
  • Disajikan soal, siswa dapat menuliskan 3 jenis tari rakyat beserta asal daerahnya
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat memperkirakan pengertian salah satu unsur seni rupa 
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat memperkirakan pengertian salah satu prinsip seni rupa
  • Disajikan gambar, siswa dapat memperkirakan pengertian salah satu prinsip seni rupa komposisi
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat memperkirakan jenis Ragam hias nusantara
  • Disajikan gambar, siswa dapat menentukan jenis Ragam hias nusantara sesuai gambar
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat menyebutkan contoh warna primer
  • Disajikan Tabel dan gambar, siswa dapat mencocokan nama jenis Ragam hias nusantara dengan gambar
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat menyebutkan arti seni rupa
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat menyebutkan pengertian seni rupa figuratif
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat menentukan ruang 3 dimensi
  • Disajikan Tabel, siswa dapat menjelaskan pengertian prinsip irama
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat menentukan pengertian ragam hias fauna
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat menyebutkan benda 2 dimensi
  • Disajikan gambar, siswa dapat menentukan jenis ragam hias flora
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat menyebutkan pengertian gradasi
  • Disajikan gambar, siswa dapat menentukan prinsip irama dan menjelaskan alasannya
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat menyebutkan 3 unsur seni rupa
  • Disajikan gambar, siswa dapat menentukan Asal daerah ragam hias tertentu
  • Disajikan uraian singkat, siswa dapat menuliskan 4 jenis ragam hias 
  • Disajikan soal, siswa dapat menuliskan alat dan cara untuk menggambar pola ragam hias
Kesimpulan
dalam materi ujian SAS mapel matematika dan seni rupa materi nya dapat dipelajari pada buku BOS ataupun LKS cerdas ya nak. semoga kalian semua selalu semangat belajar dan mendapatkan nilai terbaik

Penutup
Demikian Pembelajaran hari ini semoga bermanfaat, wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

SAS DAY 3 Rabu, 03 Desember 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©