Rabu, 03 Desember 2025

SAS DAY 4 Kamis, 04 Desember 2025

| |

    

RUANG BELAJAR KELAS 5 A

SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

IDENTITAS:

Hari/tanggal             : Kamis, 04 Desember  2025

Kelas / Fase                : 5 A /C

Alokasi waktu           : 2×35 menit

pertemuan ke            : 1

MAPEL UJIAN SAS : IPAS


🌠 Capaian Pembelajaran :
IPAS
  • Pemahaman IPAS : Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya. Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya. Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya. Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem.Peserta didik memahami fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari;.Peserta didik memahami fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari;.Peserta didik memahami fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari;.
🌅Tujuan Pembelajaran : Pendidikan Pancasila
Peserta didik dapat menyelesaikan soal ujian SAS IPAS dengan benar.
 
💫Apersepsi :

 Good Morning everyone..
how are you this morning?

alhamdulilah kita kemarin sudah belajar mengikuti SAS di hari ketiga, saatnya kita memasuki SAS hari 4 yaitu IPAS

💫 Materi Pembelajaran : 
  • Sistem Pernapasan Manusia
  • Sistem Pencernaan Manusia
  • Sistem Peredaran Darah Manusia 
  • Ekosistem
  • Bunyi dan Cahaya disekitar Kita
  • Upaya penghematan energi
  • Rotasi dan Revolusi dalam Sistem Tata Surya
💛 Kisi-kisi Materi 
  • Disajikan teks, peserta didik mampu mengurutkan urutan system pernapasan
  • Disajikan gambar, peserta didik mampu menyebutkan organ pernapasan pada manusia melalui pengamatan gambar
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menjelaskan gangguan pada sistem pernapasan 
  • Disajikan teks, peserta didik menjelaskan proses pernapasan pada manusia 
  • Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskan fungsi organ pencernaan
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan gangguan pada sistem pencernaan
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan enzim yang dihasilkan di lambung manusi
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menjelaskan fungsi komponen darah pada manusia

  • Disajikan gambar peserta didik mampu menentukan fungsi dari bagian-bagian jantung 
  • Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengurutkan peredaran darah kecil
  • Disajikan teks, 
  • peserta didik mampu menentukan gangguan pada sistem peredaran darah manusia
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menjelaskan fungsi sel darah merah dan sel darah putih dengan benar
  • Disajikan beberapa komponen ekosistem, peserta didik mampu menentukan komponen abiotik
  • Disajikan gambar rantai makanan, peserta didik mampu menentukan peran makhluk hidup dalam suatu ekosistem
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan sebutan organisme yang bertindak sebagai pengurai
  • Disajikan data nama hewan, peserta didik mampu menyusun rantai makanan dengan benar
  • Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan hubungan simbiosis antar makhluk hidup 
  • Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan komponen biotik dan membuat rantai makanan berdasarkan gambar
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan pernyataan yang benar tentang bunyi
  • Disajikan nama nama hewan, peserta didik mampu menentukan hewan yang dapat mendengar bunyi infrasonik
  • Disajikan gambar , peserta didik mampu menentukan fungsi bagian bagian telinga
  • Disajikan pernyataan , peserta didik mampu menjelaskan sifat cahaya
  • Disajikan gambar , peserta didik mampu menjelaskan peristiwa cahaya dalam kehidupan sehari-hari
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menjelaskan fungsi pelapisan pada diding bioskop
  • Disajikan gambar , peserta didik mampu menyebutkan jenis cermin berdasarkan gambar
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan fungsi bagian telinga dan menjelaskan proses merambatnya bunyi
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menjelaskan pemanfaatan air terjun untuk pembangkit listrik
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan perilaku menghemat energy dalam lingkungan sekolah 
  • Disajikan sumber-sumber energi, peserta didik mampu menentukan jenis energi terbarukan
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menentuka perbedaan bio soal dan bahan bakar fosil
  • Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskan cara penanganan penggunaan bahan bakar fosil
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menjelaskan alat untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan asal minyak bumi dan batu bara
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menuliskan kelebihan sumber energi alternatif biosolar
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menyebutkan dampak dari rotasi bumi
  • Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik mampu menentukan dampak revolusi bumi 
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menjelaskan terjadinya gerhana matahari 
  • Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskan fenomena gerhana bulan
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menjelaskan tentang revolusi bumi 
  • Disajikan teks, peserta didik mampu menuliskan peristiwa saat terjadinya gerhana matahari total

Kesimpulan
dalam materi ujian SAS mapel IPAS materi nya dapat dipelajari pada buku BOS ataupun LKS cerdas ya nak. semoga kalian semua selalu semangat belajar dan mendapatkan nilai terbaik

Penutup
Demikian Pembelajaran hari ini semoga bermanfaat, wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

SAS DAY 4 Kamis, 04 Desember 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©