Senin, 01 Desember 2025

SAS day 2 Selasa 02 Desember 2025

| |

   

RUANG BELAJAR KELAS 5 A

SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

IDENTITAS:

Hari/tanggal             : Selasa, 02 Desember  2025

Kelas / Fase                : 5 A /C

Alokasi waktu           : 2×35 menit

pertemuan ke            : 1

MAPEL UJIAN SAS : PENDIDIKAN PANCASILA


🌠 Capaian Pembelajaran :
 Bahasa Indonesia
  • Pancasila : Memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila - sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh; menguraikan makna nilai - nilai Pancasila sebagai dasar negara, dan pandangan hidup bangsa.
  • Undang-undang negara 1945: Mengimplementasikan bentuk - bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai warga negara; mengenal Pembukaan Undang - Undang, mempraktikkan musyawarah untuk membuat kesepakatan dan aturan bersama, serta menerapkannya dalam lingkungan keluarga dan sekolah.
🌅Tujuan Pembelajaran : Pendidikan Pancasila
Peserta didik dapat menyelesaikan soal ujian SAS Pendidikan pancasila dengan benar.
 
💫Apersepsi :

 Good Morning everyone..
how are you this morning?

alhamdulilah kita kemarin sudah belajar mengikuti SAS di hari pertama, saatnya kita memasuki SAS hari 2 yaitu PEndidikan pancasila

💫 Materi Pembelajaran : 
  • Sejarah kelahiran Pancasila
  • Sikap perumus Pancasila
  • Makna nilai-nilai Pancasila
  • Bentuk norma
  • hak dan kewajiban
  • Pembukaan UUD 1945
  • Musyawarah di lingkungan keluarga dan sekolah

💛 Kisi-kisi Materi 
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menyebutkan urutan sila Pancasila berdasarkan bunyi yang diberikan dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menentukan bunyi sila pertama Pancasila sebelum mengalami perubahan dengan benar
  • Disajikan gambar, siswa mampu menentukan nama tokoh perumus Pancasila dengan benar.
  • Disajikan bagan, siswa mampu menganalisis alur peristiwa perumusan Pancasila dengan benar.
  • Disajikan pernyataaan, siswa mampu mengidentifikasi sikap yang mencerminkan kerja sama dan semangat musyawarah dalam perumusan dasar negara oleh para perumus Pancasila dengan benar.
  • Disajikan gambar, siswa mampu menyebutkan nilai keteladanan yang dapat kita contoh dari tokoh perumus Pancasila dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menentukan akibat yang akan muncul jika tokoh perumus Pancasila hanya mementingkan kepentingan pribadi dalam proses perumusan Pancasila dengan benar.
  • Disajikan ilustrasi cerita, siswa mampu menentukan sikap yang dapat kita teladani dari para tokoh perumus Pancasila dengan benar.
  • Disajikan ilustrasi cerita, siswa mampu menyimpulkan sikap yang dapat kita teladani dari para tokoh perumus Pancasila dengan benar.
  • Disajikan ilustrasi cerita, siswa mampu menyebutkan bunyi sila kelima Pancasila yang berkaitan dengan sikap adil dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
  • Disajikan gambar, siswa mampu menyebutkan sila Pancasila yang sesuai dengan sikap toleransi antarumat beragama berdasarkan gambar dengan benar.
  • Disajikan ilustrasi cerita, siswa mampu menentukan sikap yang mencerminkan sila ketiga Pancasila dengan benar.
  • Disajikan ilustrasi cerita, siswa mampu menentukan sikap yang mencerminkan sila pertama Pancasila dengan benar.
  • Disajikan gambar, siswa mampu menentukan sila Pancasila yang sesuai dengan perilaku pada gambar dengan benar. 
  • Disajikan tabel, siswa mampu menyimpulkan pasangan yang paling tepat antara perilaku dengan lambang Pancasila dengan benar.
  • Disajikan ilustrasi cerita, siswa mampu menyebutkan contoh penerapan norma di lingkungan sekolah dengan benar.
  • Disajikan ilustrasi cerita, siswa mampu menentukan tindakan yang sesuai dengan norma kesusilaan dengan benar.
  • Disajikan gambar, siswa mampu menentukan jenis norma yang dilanggar berdasarkan perilaku masyarakat dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menentukan contoh norma kesopanan dengan benar.
  • Disajikan tabel, siswa mampu menyimpulkan pasangan yang tepat antara norma dan contoh penerapannya dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menyebutkan contoh kewajiban anak di lingkungan keluarga dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menjelaskan kewajibannya di kelas agar memperoleh ilmu pengetahuan dari gurunya dengan benar.
  • Disajikan gambar, siswa mampu menjelaskan manfaat dari pelaksanaan kewajiban bersama di lingkungan masyarakat dengan benar.
  • Disajikan ilustrasi cerita, siswa mampu menentukan tindakan yang mencerminkan sikap tanggung jawab terhadap kewajiban di sekolah dengan benar.
  • Disajikan sebuah ilustrasi cerita, siswa mampu menerapkan pemahaman tentang hak anak untuk mendapatkan perlindungan dari bahaya dengan benar.
  • Disajikan gambar, siswa mampu mengevaluasi sikap yang tepat dalam menghargai hak mendapat makanan bergizi di sekolah dan memahami tanggung jawab untuk memanfaatkannya dengan bijak dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu mengidentifikasi isi pokok Pembukaan UUD 1945 sebagai pedoman dan arah kehidupan bangsa Indonesia dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menentukan sikap yang mencerminkan penghargaan terhadap perbedaan sesuai cita-cita bangsa yang tertulis dalam Pembukaan UUD 1945 dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menentukan sikap yang mencerminkan keadilan sosial sesuai cita-cita bangsa dalam Pembukaan UUD 1945 dengan benar.
  • Disajikan penggalan teks Pembukaan UUD 1945, siswa mampu menentukan kata-kata yang tepat untuk melengkapi penggalan teks Pembukaan UUD 1945 sesuai nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan dengan benar.
  • Disajikan penggalan teks Pembukaan UUD 1945, siswa mampu menganalisis isi teks Pembukaan UUD 1945 pada alinea ke-4 dengan benar.
  • Disajikan sebuah gambar, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan musyawarah di lingkungan keluarga dengan benar.
  • Disajikan sebuah pernyataan, siswa mampu memahami tindakan yang tepat untuk menyelesaikan perselisihan dalam keluarga melalui musyawarah dengan benar.
  • Disajikan ilustrasi cerita, siswa mampu menentukan sikap yang sesuai dengan nilai musyawarah dalam pengambilan keputusan bersama.
  • Disajikan gambar, siswa mampu menganalisis manfaat kegiatan belajar yang melibatkan kerja sama dan diskusi dalam menumbuhkan sikap demokratis dan menghargai pendapat orang lain dengan benar. 
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menyebutkan dasar negara Indonesia sebagai pedoman dalam bersikap dan berperilaku di tengah masyarakat dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menentukan sila Pancasila yang dilanggar dalam perilaku yang tidak menghargai martabat manusia dengan benar.
  • Disajikan ilustrasi cerita, siswa mampu mengidentifikasi lambang sila kedua Pancasila (“Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”) dikaitkan dengan perilaku yang menunjukkan kepedulian, keadilan, dan menghormati hak orang lain dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menganalisis pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menyebutkan bentuk norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
  • Disajikan gambar, siswa mampu menjelaskan akibat atau sanksi yang diterima oleh pelanggar norma hukum dengan benar.
  • Disajikan sebuah perrnyataan, siswa mampu mengidentifikasi kewajiban utama siswa selama proses belajar dengan benar.
  • Disajikan pernyataan, siswa mampu menganalisis hak-hak siswa di lingkungan sekolah dengan benar.
  • Disajikan sebuah pernyataan, siswa mampu menentukan alinea dalam Pembukaan UUD 1945 yang memuat tujuan negara Indonesia dengan benar.
  • Disajikan sebuah pernyataan, siswa mampu menjelaskan manfaat musyawarah dalam menciptakan kerukunan dan keadilan di lingkungan keluarga dengan benar.


Kesimpulan
dalam materi ujian SAS mapel PEndidikan Pancasila materi nya dapat dipelajari pada buku BOS ataupun LKS cerdas ya nak. semoga kalian semua selalu semangat belajar dan mendapatkan nilai terbaik

Penutup
Demikian Pembelajaran hari ini semoga bermanfaat, wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

SAS day 2 Selasa 02 Desember 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©