Selasa, 09 Desember 2025

SELASA 09 DESEMBER 2025

| |

  

RUANG BELAJAR KELAS 5 A

SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

IDENTITAS:

Hari/tanggal             : Selasa 09 Desember  2025

Kelas / Fase                : 5 A /C

Alokasi waktu           : 2×35 menit

pertemuan ke            : 1

MAPEL  : Remedial MATEMATIKA 


🌠 Capaian Pembelajaran :
MATEMATIKA
  • Bilangan : Pada akhir fase C, murid dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000.Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang.Melakukan pengurangan, oprasi perkalian,penjumlahan dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.Serta  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. 
  • Murid dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli.Mengubah pecahan menjadi berbagai bentuk pecahan lain serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
  • Aljabar : Pada akhir fase C,murid dapat menemukan nilai yang belum diketahui kalimat matematika yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1000 dengan menggunakan sifat-sifat bilangan dan oprasinya.Murid dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan perkalian dan pembagian.Bernalar secara proporsional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi.

🌅Tujuan Pembelajaran : 
MATEMATIKA

Peserta didik dapat menyelesaikan soal ujian remedial SAS Matematika  dengan benar.
 
💫Apersepsi :

 Good Morning everyone..
how are you this morning?

alhamdulilah kita kemarin sudah belajar mengikuti SAS selama 6 hari. saatnya kita memasuki remedial hari ini yaitu Matematika dan 
MATEMATIKA

  • Bilangan cacah sampai 1.000.000.
  • Komposisi dan dekomposisi bilangan sampai 100.000
  • Operasi Hitung pada Bilangan Cacah Sampai 100.000
  • KPK dan FPB
  • Membandingkan dan mengurutkan pecahan
  • Penjumlahan dan pengurangan pecahan
  • Perkalian dan pembagian pecahan
  • Pecahan desimal
  • Menentukan kalimat matematika penjumlahan
  • Menentukan kalimat matematika pengurangan
  • Menentukan kalimat matematika pembagian
  • Menentukan kalimat matematika perkalian
  • Menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan rasio
💛 Kisi-kisi Materi MATEMATIKA

  • Disajikan tabel,murid mampu menentukan cara membaca bilangannya dengan benar.
  • Disajikan nama suatu bilangan,murid  mampu menuliskan bilangannya berdasarkan teks dengan benar 
  • Disajikan pernyataan berupa angka dan nilai tempat,murid mampu menentukan nilai angka dengan benar.
  • Disajikan pernyataan,murid mampu membandingkan bilangan ,Murid mampu menentukan urutan bilangan dari kecil kebesar dengan benar.
  • Disajikan sebuah bilangan,murid mampu menguraikan bilangan tersebut berdasarkan nilai tempatnya dengan benar.
  • Disajikan sebuah komposisi dan dekomposisi bilangan, peserta didik mampu menentukan bilangan tersebut menjadi bilangan dengan benar
  • Disajikan pertanyaan,murid mampu menentukan hasil penjumlahan,murid mamou menentukan pengurangan bilangan  dengan benar
  • Disajikan sebuah cerita,murid mampu menghitung operasi hitung campuran bilangan dengan benar
  • Disajikan bilangan,murid mampu menentukan hasil perkalian bilangan dengan benar
  • Disajikan bilangan,murid mampu menentukan hasil pembagian bilangan dengan benar
  • Disajikan sebuah cerita,murid mampu menentukan KPK bilangan dengan benar
  • Disajikan dua bilangan ,murid mampu menentukan faktori dari bilangan tersebut dengan benar
  • Disajikan dua buah bilangan pecahan biasa,murid mampu membandingkan pecahan tersebut dengan benar
  • Disajikan soal cerita pecahan biasa,murid mampu mengurutkan dari yang terkecil ke terbesar dengan benar
  • Disajikan pecahan biasa,murid mampu mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran
  • Disajikan sebuah cerita,murid mampu menentukan hasil penjumlahan pecahan  biasa dengan benar
  • Disajikan sebuah cerita, murid mampu menentukan hasil pengurangan pecahan dengan benar
  • disajikan pecahan,murid mampu menghitung operasi hitung campuran pada pecahan
  • Disajikan bilangan pecahan,murid mampu menentukan hasil pembagian pecahan dengan benar
  • Disajikan bilangan desimal murid mampu mengubahnya kedalam bentuk persen dengan benar
  • Disajikan bilangan persen,murid mampu mengubah bentuk persen menjadi bentuk desimal dengan benar
  • Disajikan bilangan desimal, peserta didik mampu mengubah bentuk desimal menjadi pecahan biasa dengan benar
  • Disajikan bilangan pecahan campuran,murid mampu mengubah pecahan menjadi desimal dengan benar
  • Disajikan kalimat matematika,murid mampu menentukan bilangan yang tepat dalam operasi hitung penjumlahan
  • Disajikan bilangan,murid mampu menentukan bilangan yang tepat dalam operasi hitung pengurangan
  • Disajikan kalimat matematika,Murid mampu menentukan bilangan yang tepat dalam operasi hitung perkalian
  • Disajikan soal cerita kalimat matematika,Murid mampu menentukan bilangan yang tepat dalam operasi hitung pembagian
  • Disajikan cerIta,murid mampu menentuak rasio dengan benar 

Kesimpulan
dalam materi ujian SAS mapel matematika  materi nya dapat dipelajari pada buku BOS ataupun LKS cerdas ya nak. semoga kalian semua selalu semangat belajar dan mendapatkan nilai terbaik

Penutup
Demikian Pembelajaran hari ini semoga bermanfaat, wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi ajar Kamis 11 Desember 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©