Rabu, 24 Januari 20
day / Date: : Kamis, 25 Januari 2024
Lesson : Tematik
Tema 6 : (Menuju Masyarakat sederhana)
Subtema 2 : Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran : Review Materi
Muatan Pelajaran : PKN (3.2), BAHASA INDONESIA (3.7) , IPA (3.2) dan SBdP (3.3),
tujuan pembelajaran :
Siswa mampu memahami materi tentang pemenuhan hak sebagai warga
Siswa mampu memahami materi Pubertas
Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas VIA di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah kemarin di pembelajaran 5 dan 6 tentang masa pubertas dan pemenuhan hak serta gagasan utama pada setiap paragraf, hari ini kita akan mereview materi di subtema 2 ya nak :)
Mari kita simak video pembelajaran hari ini
PKN
Membangun Masyarakat Sejahtera
Hak-hak sebagai warga negara menurut UUD 1945
No. | Hak-Hak Warga Negara Indonesia | Ketentuan dalam UUD 1945 |
1. | Mendapat perlindungan hukum | Pasal 27 ayat (1) |
2. | Pekerjaan dan penghidupan yang layak | Pasal 27 ayat (2) |
3. | Ikut serta dalam upaya bela negara | Pasal 27 ayat (3)k |
4. | Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pikiran | Pasal 28E ayat (3) |
5. | Kemerdekaan memeluk agama dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya masingmasing | Pasal 28E ayat (1) |
6. | Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. | Pasal 30 ayat 1 |
7. | Mendapat pendidikan | Pasal 31 ayat (1) |
8. | Kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasional | Pasal 28C ayat (1) |
9. | Memanfaatkan sumber daya alam | Pasal 33 ayat (3) |
10. | Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara | Pasal 34 ayat (1) |
11. | Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan | Pasal 28H ayat (1) |
Perilaku Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan
Upaya Mempertahankan Kemerdekaan NKRI | ||
No. | Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI | Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI |
1. | Cinta tanah air | 1. Melestarikan budaya bangsa 2. Menjaga kelestarian lingkungan 3. Rajin belajar |
2. | Membina persatuan dan kesatuan | 1. Berteman dengan siapa saja 2. Mau mempelajari kesenian dari daerah lain. 3. Menolong siapa saja tanpa membedakan suku |
3. | Rela Berkorban | 1. Bersedia menolong dengan tenaga 2. Bersedia menolong dengan pikiran 3. Bersedia menolong dengan harta |
Subtema 2 : Membangun Masyarakat Sejahtera
Teks nonfiksi yaitu teks atau tulisan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar- benar terjadi.
Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau
pokok pikiran.
Gagasan utama dapat kamu kenali dengan dua cara. Pertama, membaca teks dengan cermat, kemudian menjawab pertanyaan apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Kedua, menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, kemudian menarik kesimpulan gagasan-gagasan utama setiap paragraf dan menyimpulkan gagasan utama teks. Kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama.
Teks Hak sebagai Warga Negara Indonesia
Paragraf | Kalimat Utama | Gagasan Utama |
1 | Hak warga negara Indonesia banyak bentuknya. | Hak warga negara Indonesia |
2 | Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum. | Hak mendapat perlindungan hukum |
3 | Setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak | Hak mendapat pekerjaan dan penghidupan layak |
4 | Hak mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. | Hak memperoleh pendidikan dan pengajaran |
5 | Masih ada banyak hak warga negara Indonesia lainya yang ditetapkan dalam UUD 1945. | Hak warga negara ditetapkan dalam UUD 1945 |
Teks Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia
Paragraf | Kalimat Utama | Gagasan Utama Setiap Paragraf | Gagasan Utama Teks Nonfiksi |
1 | Semua warga negaramemiliki hak. | Hak warga negara Indonesia dilaksanakan secara seimbang. | Manfaat pemenuhan hak |
2 | Salah satu contoh manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran. | Manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran | |
3 | Manfaat pemenuhan hak atas perlindungan hukum | Manfaat lain pemenuhan hak warga negara | |
4 | Manfaat pemenuhan hak atas pemerolehan fasilitas pelayanan kesehatan | Manfaat pemenuhan hak warga negara. |
Subtema 2 : Membangun Masyarakat Sejahtera
Perbedaan masa anak-anak dan masa pubertas terletak pada aktifnya sejumlah hormon. Hormon yang aktif ini kemudian membuat anak-anak memasuki masa pubertas yang ditandai dengan sejumlah perubahan antara lain sebagai berikut:
1. Dada pada anak pria tumbuh menjadi lebih lebar atau bidang
2. Pinggul pada wanita melebar
3. Suara pada anak pria mulai berubah menjadi lebih berat sementara pada wanita menjadi lebih melengking.
4. Mulai berjerawat, tumbuh rambut di area tertentu
5. Dada pada wanita mulai menonjol sementara jakun pada pria mulai nampak (sebagian tidak terlalu terlihat.
No. | Ciri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak Laki-laki | Ciri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Laki-laki |
1. | Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin | Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin |
2. | Suara belum membesar | Suara jadi membesar |
3. | Belum tumbuh jakun | Tumbuh jakun |
4. | Belum tumbuh kumis, jambang, dan janggut | Tumbuh kumis, jambang, dan janggut |
No | Ciri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak Perempuan | Ciri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Perempuan |
1. | Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin | Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin |
2. | Suara belum melengking | Suara jadi melengking |
3. | Payudara belum membesar | Payudara membesar |
4. | Panggul belum membesar | Panggul membesar |
1. Melestarikan budaya bangsa
2. Sikap cinta tanah air
3. Membina persatuan dan kesatuan
4. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
5. Berkompetisi dalam meraih prestasi,
6. Menggunakan produk buatan dalam negeri
7. Menghormati antarsesama
8. Menaati peraturan yang berlaku.
Mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia tidak harus kamu lakukan dengan angkat senjata. Mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tindakan yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan tindakan-tindakan positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota keluarga, antarteman, dan antarwarga masyarakat. Selain itu, tindakan berupa menghargai perbedaan yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai alasan terjadi perpecahan.
SBdP
Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.
Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu.
Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok.
1. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari.
2. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari.
3. Tari kelompok adalah karya tari yang diperagakan oleh lebih dari dua penari
Tari Klana Topeng
Tari Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya ditarikan oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh cinta.
Gerak-gerik tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis. Ada gerak menata pakaian. Ada juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu seperangkat gamelan Jawa.
Penari saat mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, di antaranya celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala, hiasan dada, hiasan tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama lima belas menit. Penari menggunakan topeng selama menarikan Tari Klana Topeng. Pemakaian topeng oleh penari secara terus menerus selama menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para penonton. Penari tetap bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun memakai topeng.
Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya dilaksanakan dengan cara memenuhi hak dan kewajibannya sebagai warga negara seperti yang tercantum dalam landasan konstitusional negara Indonesia, yakni Undang-Undang Dasar 1945. Berbagai bentuk sikap dan perilaku dapat diwujudkan sebagai cermin dari tanggung jawab warga
negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah memahami dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial maupun budaya.
1. Judul yang tepat untuk paragraf di atas adalah ....
a. Tanggung Jawab sebagai Siswa
b. Tanggung Jawab Seorang Anak
c. Tanggung Jawab Warga Negara
d. Hak sebagai Warga Negara
2. Gagasan utama dari paragraf yang disajikan adalah ....
a. Hak warga negara terhadap negaranya.
b. Kewajiban warga negara kepada negaranya.
c. Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya.
d. Kewenangan warga negara terhadap bangsa dan negaranya.
3. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
a. Berbagai bentuk sikap dan perilaku dapat diwujudkan sebagai cermin dari tanggung jawab warga negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
b Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
c. Pancasila sebagai nilai luhur bangsa.
d. Perwujudan dari sila ke empat Pancasila.
4. Kalimat utama paragraf yang disajikan terdapat pada. paragraf ....
a. awal
b. akhir
c. tengah
d. awal dan akhir
5. Paragraf yang disajikan termasuk teks ....
a. fiksi
b. nonfiksi
c. legenda
d. cerita
a. tua
b. dewasa
c bayi
d. remaja
2. Perubahan psikis, fisik, sekaligus pematangan fungsi reproduksi terjadi pada masa ....
a. balita
b. pendewasaan
c. pubertas
d. lanjut usia
3. Salah satu ciri pubertas yang dialami oleh remaja dengan jenis kelamin laki-laki adalah …
a. tumbuh jakun di leher
b. mengalami perubahan suara menjadi lebih melengking dari suara sebelumnya
c. pinggul melebar
d. kulit menjadi lebih halus
4. Berikut yang merupakan ciri-ciri pubertas pada perempuan adalah ….
a. suara menjadi lebih besar dari suara sebelumnya
b. otot membesar
c. dada menjadi lebih bidang
d. suara menjadi lebih melengking
5. Berikut yang harus dilakukan saat masa puber adalah ....
a. lebih banyak bermain di luar
b. lebih banyak mengurung diri
c. mencari informasi tentang pubertas dari orang tua dan sumber terpercaya
d. menutup diri
adalah ....
a. menjauhi teman yang nakal
b. menaati tata tertib sekolah
c. bekerja sama dalam mengerjakan ulangan
d. membantu teman agar dipuji guru
Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !
(1) Memilih teman hanya dari yang satu daerah sąja.
(2) Mengejek budaya daerah lain.
(3) Berkelahi dengan teman beda suku.
(4) Berteman dengan orang dari daerah manapun.
2. Contoh sikap yang mencerminkan cinta NKRI ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
3. Indonesia dapat menjadi bangsa yang maju dan terus berkembang dengan baik jika seluruh warga negara Indonesia.....
a. bersatu dan bergotong royong
b. beradu pendapat dan selalu berdebat
c. berlomba dan memicu konflik
d. bergotong royong memberontak
a, prime
b. secondo
c. terts
d. kuart
2. Langkah ke-2 pada interval nada disebut ....
a. prime
b. secondo
c. terts
d. kuart
3. Interval melodis terdiri atas interval nada ....
a. lemah ke nada keras
b. keras ke nada lemah
c. rendah ke nada tinggi
d. tinggi ke nada rendah
4. Nada do - mi berjarak ....
a. 2
b. 1
c. 1/2
d. 1/4
5. Alat musik sasando dimainkan dengan cara ....
a. dipetik
b. dipukul
c. digesek
d. ditiup
6. Suatu tarian yang dipentaskan oleh satu orang penari disebut ....
a. tari kontemporer
b. tari tradisional
c. tari tunggal
d. tari massal
Pada pembelajaran sub tema 2 ini setelah diadakan evaluasi masih terdapat 1 orang atau sekitar 5% dari jumlah siswa 20 orang yang belum menguasai materi nya dikarenakan masih dirawat di RS Dikarenakan sakitnya ya nak. Semoga lekas sembuh agar dapat bersekolah kembali.
Pada sub tema 2 ini kalian telah menguasai materi tentang pelaksanaan gak dan kewajiban sesuai dengan UUD 1945 terdapat pada pasal 27,28, 30,31,&34, dan juga materi membandingkan ketika kalian di masa kanak-kanak dan masa pubertas apa saja perubahan yang terjadi di dalam diri kalian,menentukan gagasan dan judul pokok utama dari sebuah paragraf dan juga menentukan jenis-jenis tari tinggal dan melaksanakan upaya mempertahankan kemerdekaan RI.
insya allah besok kita akan memasuki sub tema 3 ya nak.
Penutup.
Semangat terus belajar mya semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat
Wassamua'alaikum wr wb
0 komentar:
Posting Komentar