Day/Date : Thursday, 13 February , 2025
Grade : 4 A
Lesson : Pendidikan Pancasila & IPAS
💥Capaian Pembelajaran : Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/ kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
💥Tujuan Pembelajaran :
💥Capaian Pembelajaran : IPAS
v Menceritakan perkembangan sejarah daerah tempat tinggal.
v Mengidentifikasi dan menunjukkan kekayaan alam yang ada di daerah tempat tinggal,
Menelaah pengaruh perkembangan daerah terhadap kehidupan perekonomian masyarakat di daerah tempat tinggal
💥Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi profesi masyarakat berdasarkan sesuai bentuk bentang alam
2. Peserta didik dapat menyebutkan pemanfaatan alam di Indonesia
- Metode Pembelajaran : Penugasan LKPD
mari kita simak pelajarannya
A. Pentingnya Kerukunan Hidup, Saling Berbagi, dan Tolong-menolong
Kerja sama yang dilakukan oleh masyarakat biasanya disebut dengan istilah gotong royong. Gotong royong dilakukan dengan tujuan untuk meringankan pekerjaan, sehingga pekerjaan yang seberat apapun akan terasa ringan dikerjakannya. Kegiatan gotong royong mengandung nilai kerukunan, saling berbagi, dan tolong-menolong.
Hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong adalah perbuatan yang mulia dan membuat hidup kita bahagia. Kita dapat mempunyai banyak teman sehingga kita tidak menjadi sedih dan kesepian karena di sekeliling kita banyak teman yang menemani dalam hidup kita. Selain itu, kita menjadi disayangi oleh orang tua, guru, teman, dan anggota masyarakat lainnya. Hidup rukun, saling berbagi dan saling tolong dengan sesama termasuk nilai-nilai gotong royong.
Gotong royong banyak sekali manfaatnya, di antaranya dapat memperingan dan mempercepat pekerjaan selesai, menjalin kerukunan hidup bermasyarakat, dan mempererat rasa persaudaraan. Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia kita harus melaksanakan gotong royong dalam seluruh kegiatan yang membutuhkan bantuan orang lain.
- Petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan. Di dataran tinggi, banyak ditanam kopi, kina, sayur, dan buah-buahan.
- Petani, buruh, pedagang, dan peternak. Di dataran rendah, banyak dibudidayakan pertanian, perkebunan, dan palawija.
- Nelayan, petani tambak, petani garam, perajin, dan pedagang. Di pantai, banyak sumber daya alam berupa ikan, garam, dan terumbu karang.
- Petani, peternak, dan penebang kayu. Di pegunungan, banyak lahan subur yang cocok untuk bercocok tanam.
LATIHAN
masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam menjawab latihan soal diatas ya..
Besok kita bahas kembali ya nak,,
0 komentar:
Posting Komentar