Kamis, 13 Februari 2025

Materi Ajar Kamis, 13 Februari 2025

| |

               

Identity    :
        Day/Date       : Thursday, 13 February , 2025
        Grade            : 4 A
        Lesson           : Pendidikan Pancasila & IPAS
💥Capaian Pembelajaran : Pendidikan Pancasila
       Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan  sekitar (RT/RW/desa/ kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. 
💥Tujuan Pembelajaran    :
Peserta didik dapat membangun tim dan mengelola gotong royong untuk mencapai tujuan bersama.
Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan gotong royong untuk mencapai tujuan bersama.
Metode Pembelajaran : Ceramah & demonstrasi

💥Capaian Pembelajaran : IPAS

v  Menceritakan perkembangan sejarah daerah tempat tinggal.

v  Mengidentifikasi dan menunjukkan kekayaan alam yang ada di daerah tempat tinggal,

Menelaah pengaruh perkembangan daerah terhadap kehidupan perekonomian masyarakat di daerah tempat tinggal

💥Tujuan Pembelajaran    :

1.  Peserta didik dapat mengidentifikasi profesi masyarakat berdasarkan sesuai bentuk bentang alam

2.  Peserta didik dapat menyebutkan pemanfaatan alam di Indonesia

  • Metode Pembelajaran : Penugasan LKPD


Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning?
Before study, let's Pray together

 


Are you Ready for Semester 2?
Welcome to Semester 2
okay anak soleh solehah 4 A, 

untuk pelajaran pendidikan pancasila minggu lalu kita mempelajari tentang cara kita menjaga keutuhan dan sikap kita yang harus bangga terhadap NKRI.
Hari ini kita akan memasuki pembelajaran di bab 5 tentang gotong royong.

mari kita simak pelajarannya

A. Pentingnya Kerukunan Hidup, Saling Berbagi, dan Tolong-menolong

Kerja sama yang dilakukan oleh masyarakat biasanya disebut dengan istilah gotong royong. Gotong royong dilakukan dengan tujuan untuk meringankan pekerjaan, sehingga pekerjaan yang seberat apapun akan terasa ringan dikerjakannya. Kegiatan gotong royong mengandung nilai kerukunan, saling berbagi, dan tolong-menolong.

Hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong adalah perbuatan yang mulia dan membuat hidup kita bahagia. Kita dapat mempunyai banyak teman sehingga kita tidak menjadi sedih dan kesepian karena di sekeliling kita banyak teman yang menemani dalam hidup kita. Selain itu, kita menjadi disayangi oleh orang tua, guru, teman, dan anggota masyarakat lainnya. Hidup rukun, saling berbagi dan saling tolong dengan sesama termasuk nilai-nilai gotong royong.

Gotong royong banyak sekali manfaatnya, di antaranya dapat memperingan dan mempercepat pekerjaan selesai, menjalin kerukunan hidup bermasyarakat, dan mempererat rasa persaudaraan. Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia kita harus melaksanakan gotong royong dalam seluruh kegiatan yang membutuhkan bantuan orang lain.






untuk materi kita hari ini akan membahas tentang penampakan alam yang ada di indonesia serta menyebutkan secara tertulis tentang kebudayaan bangsa Indonesia
PROFESI MASYARAKAT SESUAI BENTANG ALAM



Profesi masyarakat yang tinggal di suatu daerah dipengaruhi oleh bentang alam di daerah tersebut. Contohnya, masyarakat di daerah pegunungan banyak berprofesi sebagai petani, peternak, dan penebang kayu. Sedangkan masyarakat di daerah pantai banyak berprofesi sebagai nelayan, petani tambak, dan petani garam. 
Profesi masyarakat sesuai bentang alam
  • Dataran tinggi
    Petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan. Di dataran tinggi, banyak ditanam kopi, kina, sayur, dan buah-buahan. 
  • Dataran rendah
    Petani, buruh, pedagang, dan peternak. Di dataran rendah, banyak dibudidayakan pertanian, perkebunan, dan palawija. 
  • Pesisir pantai
    Nelayan, petani tambak, petani garam, perajin, dan pedagang. Di pantai, banyak sumber daya alam berupa ikan, garam, dan terumbu karang. 
  • Pegunungan
    Petani, peternak, dan penebang kayu. Di pegunungan, banyak lahan subur yang cocok untuk bercocok tanam. 
Bentang alam adalah bentuk permukaan bumi yang terhampar. Bentang alam di Indonesia cukup beragam, di antaranya pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, peneplain, dan depres

LATIHAN

Setelah kemarin kalian mengetahui tentang kenampakan alam yang ada di indonesia.
saatnya kita pahami lebih dalam dengan mengerjakan LKPD berikut ini


Evaluasi & Refleksi
alhamdulilah pada pembelajaran hari ini apakah kalian suka? bagaimana perasaan nya setelah mempelajaria materi ini...
bagaimana pembelajaran kita hari ini? apakah Ananda semua sudah dapat memahaminya..
masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam menjawab latihan soal diatas ya..
Besok kita bahas kembali ya nak,,
Kesimpulan
Pada pelajaran ipas masih ada beberapa siswa dan siswi yang belum memahami profesi yang ada sesuai dengan bentuk bentang alam,, maka perlu diadakan bimbingan secara mandiri dan latihan soal yang banyak.
Penutup
alhamdulilah pembelajaran hari ini berlangsung dengan semangat dan lancar,, sampai jumpa esok hari ya..
Wassalamualaikum wr wb


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©