Kamis, 20 Februari 2025

Materi Ajar Kamis 20 Februari 2025

| |

 

Identity :

        Day/Date : Thursday, 20 February , 2025

        Grade : 4 A

        Lesson : Pendidikan Pancasila & IPAS

💥Capaian Pembelajaran : Pendidikan Pancasila

       Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/ kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. 

💥Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat membangun tim dan mengelola gotong royong untuk mencapai tujuan bersama.

Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan gotong royong untuk mencapai tujuan bersama.

Metode Pembelajaran : Ceramah & demonstrasi


💥Capaian Pembelajaran : IPAS

v Menceritakan perkembangan sejarah daerah tempat tinggal.

v Mengidentifikasi dan menunjukkan kekayaan alam yang ada di daerah tempat tinggal,

Menelaah pengaruh perkembangan daerah terhadap kehidupan perekonomian masyarakat di daerah tempat tinggal

💥Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi profesi masyarakat berdasarkan sesuai bentuk bentang alam

2. Peserta didik dapat menyebutkan profesi yang sesuai dengan bentang alam di Indonesia


Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok

Media pembelajaran : Alat peraga (diorama)

💥Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi profesi masyarakat berdasarkan sesuai bentuk bentang alam

2. Peserta didik dapat menyebutkan pemanfaatan alam di Indonesia


Metode Pembelajaran : Penugasan LKPD


Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A

How Are You This Morning?

Before study, let's Pray together

 


Are you Ready for Semester 2?

Welcome to Semester 2

okay anak soleh solehah 4 A, 

untuk pelajaran pendidikan pancasila minggu lalu kita mempelajari tentang cara kita menjaga keutuhan dan sikap kita yang harus bangga terhadap NKRI.

Hari ini kita akan memasuki pembelajaran di bab 5 tentang gotong royong.


mari kita simak pelajarannya

A. Pentingnya Kerukunan Hidup, Saling Berbagi, dan Tolong-menolong



Kerja sama yang dilakukan oleh masyarakat biasanya disebut dengan istilah gotong royong. Gotong royong dilakukan dengan tujuan untuk meringankan pekerjaan, sehingga pekerjaan yang seberat apapun akan terasa ringan dikerjakannya. Kegiatan gotong royong mengandung nilai kerukunan, saling berbagi, dan tolong-menolong.


Hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong adalah perbuatan yang mulia dan membuat hidup kita bahagia. Kita dapat mempunyai banyak teman sehingga kita tidak menjadi sedih dan kesepian karena di sekeliling kita banyak teman yang menemani dalam hidup kita. Selain itu, kita menjadi disayangi oleh orang tua, guru, teman, dan anggota masyarakat lainnya. Hidup rukun, saling berbagi dan saling tolong dengan sesama termasuk nilai-nilai gotong royong.


Gotong royong banyak sekali manfaatnya, di antaranya dapat memperingan dan mempercepat pekerjaan selesai, menjalin kerukunan hidup bermasyarakat, dan mempererat rasa persaudaraan. Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia kita harus melaksanakan gotong royong dalam seluruh kegiatan yang membutuhkan bantuan orang lain.

Materi IPAS

untuk materi kita hari ini akan membahas tentang profesi yang sesuai dengan bentuk penampakan alam yang ada di indonesia serta menyebutkan secara tertulis tentang profesi nya




Profesi masyarakat berbeda-beda sesuai dengan bentang alam tempat tinggalnya. Berikut beberapa contoh profesi masyarakat berdasarkan bentang alam: 

Dataran tinggi
Petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan. Di perkebunan, mereka menanam tanaman industri seperti teh, kopi, dan kina. 

Dataran rendah
Petani, pedagang, buruh, dan peternak. Di dataran rendah, mereka menanam padi, jagung, kacang, karet, dan tebu. . 

Pesisir pantai
Nelayan, petani tambak, petani garam, perajin, dan pedagang. Di pantai, mereka menangkap ikan, menyelam untuk mengambil mutiara, budi daya rumput laut, dan kerang mutiara. 

Pegunungan
Petani, peternak, penebang kayu, ojek gunung, pemandu wisata, dan penambang belerang. Di pegunungan, terdapat banyak lahan subur yang cocok untuk bercocok tanam. 
Bentang alam adalah bentuk permukaan bumi yang terhampar, meliputi dataran tinggi, dataran rendah, perairan, pegunungan, perbukitan, dan perkebunan
LKPD



Evaluasi & Refleksi
alhamdulilah pada pembelajaran hari ini apakah kalian suka? bagaimana perasaan nya setelah mempelajaria materi ini...
bagaimana pembelajaran kita hari ini? apakah Ananda semua sudah dapat memahaminya..
masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam menjawab latihan soal diatas ya..
Besok kita bahas kembali ya nak,,

Kesimpulan
Pada pelajaran ipas masih ada beberapa siswa dan siswi yang belum memahami bentang alam,, maka perlu diadakan bimbingan secara mandiri dan latihan soal yang banyak.

Penutup
alhamdulilah pembelajaran hari ini berlangsung dengan semangat dan lancar,, sampai jumpa esok hari ya..
Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi ajar selasa 15 april 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©