Day/Date : Thursday, 06 February , 2025
Grade : 4 A
Lesson : Pendidikan Pancasila & IPAS
💥Capaian Pembelajaran : Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/ kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
💥Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengidentifikasi sikap Bangga sebagai bangsa Indonesia
- Menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila
- Melestarikan budaya Indonesia
- Menghormati keragaman budaya, agama, dan etnis
- Menghargai pahlawan Indonesia
- Menghormati simbol-simbol negara Indonesia
- Menjaga lingkungan dan keanekaragaman hayati
- Menghargai produk dalam negeri
- Menjaga persatuan dan solidaritas antar sesama warga negara
- Melestarikan kesenian tradisional
- Mengenakan batik
- Mengikuti upacara bendera
- Menghormati adat istiadat
- Berbahasa Indonesia
- Menghargai karya seni dan budaya nasional
- Mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan
- Melaksanakan peringatan hari besar nasional
Agar lebih memahami tentang materi ini, kita coba kerjakan soal-soal berikut ini, yuk!
1. Mengapa kita harus bangga menjadi anak Indonesia?
Jawab:
Rasa bangsa sebagai anak Indonesia merupakan salah satu cara untuk menjaga nilai dan martabat bangsa.
Jika masyarakatnya bangga terhadap bangsanya, maka negara lain pun tidak akan meremehkan suatu negara.
Jadi, dengan adanya rasa bangga sebagai anak Indonesia, kita bisa membuat Indonesia dipandang oleh negara-negara lain.
Sebaliknya, jika kita tidak merasa bangga pada Indonesia, maka negara lain pun bisa memandang rendah Indonesia.
Karena itulah sebagai penerus generasi bangsa kita harus menanamkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
2. Apa saja yang dapat kita banggakan dari bangsa Indonesia?
Jawab:
Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya. Mulai dari bidang pertanian, pertambangan, perkebunan, perikanan, dan masih banyak lagi.
Selain itu, Indonesia juga memiliki berbagai keberagaman. Mulai dari keberagaman suku, adat, agama, dan masih banyak lagi.
Hebatnya lagi, meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda, masyarakat Indonesia tetap bersatu.
Semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang memperkuat bangsa Indonesia, sehingga tak mudah terpecah belah.
3. Sebutkan lima contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia!
Jawab:
- Giat belajar
- Menyukai barang-barang yang diciptakan oleh Indonesia
- Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
- Bangga dan turut menghargai jasa para pahlawan
- Menyaksikan film-film buatan Indonesia
4. Apa yang akan kamu lakukan jika ada negara lain yang menghina bangsa kita?
Jawaban:
Tentunya saya akan membela bangsa Indonesia, tetapi dengan cara yang baik.
Misalnya, menegur orang tersebut dengan santu agar tidak sembarangan dalam berbicara tentang negara lain.
Saya juga akan memperkenalkan pada orang tersebut tentang budaya Indonesia. Kemudian menjelaskan kalau setiap bangsa pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
5. Keluarga Andi sedang berwisata di luar negeri. Andi tentunya sangat bahagia. Pada saat pergi ke pusat perbelanjaan di negara tersebut, Andi tampak tidak terlalu antusias. Andi beralasan produk-produk buatan Indonesia jauh lebih baik dibandingkan dengan barang-barang yang ada di pusat perbelanjaan itu, sehingga Andi hanya membeli barang yang benar-benar unik. Berdasarkan ilustrasi tersebut, apakah sikap Andi sudah tepat? Berikan alasannya.
Menurut saya sikap Andi sudah tepat. Sebab sikap Andi tersebut mencerminkan rasa bangganya pada Indonesia.
Ia memahami tentang produk-produk buatan Indonesia.
Selain itu, Andi juga tahu kalau kualitas produk Indonesia juga bisa bersaing dengan produk luar negeri.
Meski begitu, Andi tidak menghina atau menjelek-jelekan produk luar negeri. Andi tetap membeli barang tertentu yang ia anggap unik.
materi IPAS
- Sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan.
- Sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup, seperti bahan tambang, tanah, air, matahari, dan angin.
- Sumber daya alam yang dapat diperbarui dan jumlahnya tidak akan habis, seperti air, tanah, udara, tumbuhan, dan matahari.
- Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan persediaannya terbatas, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam.
masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam mengenali sumber daya alam dapat diperbarukan dan tidak dapat diperbarukan
0 komentar:
Posting Komentar