Kamis, 22 Mei 2025

Materi Ajar Kamis 22 Mei 2025

| |

  


Identity    :
        Day/Date       : thursday, 22 mei
 2025,      

        Grade            : 4 A

        Lesson           : pendidikan pancasila 

💥Capaian Pembelajaran : PPKn
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan  sekitar (RT/RW/desa/ kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. 
💥Tujuan Pembelajaran    :
Peserta didik dapat menjelaskan sikap yang mencerminkan masyarakat beradab

💢metode Pembelajaran:
Ceramah dan penugasan

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning?
Before study, let's Pray together
 a


Are you Ready for Semester 2?
Welcome to Semester 2
okay anak soleh solehah 4 A, Maasih ingat pembelajaran minggu kemarin tentang norma dan aturan di pelajaran IPAS kita lanjutkan hari ini dengan materi berikutnya ya.. Tentang kita harus menjadi lebih tertib.
Mari simak materinya



B. B. Kini Aku Menjadi Lebih Tertib!

Peraturan yang ada dibuat dengan mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu, dari masa ke masa peraturan akan terus bertambah dan disesuaikan dengan kebutuhan manusia.

Ada peraturan yang tertulis adapula yang tidak tertulis. Apa perbedaan dari kedua peraturan tersebut?

Peraturan ada yang tertulis dan ada juga yang tidak tertulis. Semuanya bertujuan untuk menciptakan situasi yang tertib sehingga kita semua dapat hidup berdampingan secara damai. Di rumah ada peraturan yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga.

Begitu juga di sekolah, masyarakat, jalan raya, juga tempat ibadah. Apakah ada tempat-tempat di sekitar kalian yang memberlakukan peraturan tertentu?

Peraturan tertulis artinya peraturan dengan sanksi yang memaksa. Biasanya peraturan ini dibuat oleh negara atau pengelola sebuah tempat. Peraturan tidak tertulis adalah peraturan yang dibuat oleh manusia dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat atau daerah setempat. Sanksi peraturan tidak tertulis ini lebih berupa teguran, peringatan, malu, atau perasaan menyesal pada diri sendiri.

Membangun masyarakat yang beradab adalah tentang menciptakan lingkungan yang penuh dengan nilai-nilai moral, etika, dan tata krama yang tinggiIni melibatkan menghormati orang lain, berbicara dengan bijak, dan selalu mempertimbangkan dampak tindakan kita terhadap orang lain. 
Elemen-elemen kunci dalam membangun masyarakat beradab:
  1. 1. Nilai-nilai Moral dan Etika:
    • Kasih sayang dan toleransi: Masyarakat beradab dibangun di atas dasar saling menghormati dan pengertian. 
    • Menghargai perbedaan: Masyarakat beradab tidak hanya menerima perbedaan, tetapi juga menghargai dan menghormati satu sama lain. 
    • Moralitas: Menghindari perilaku yang merugikan orang lain dan selalu mempertimbangkan dampak tindakan kita. 
  2. 2. Peraturan dan Tata Krama:
    • Pentingnya aturan: Masyarakat beradab memiliki aturan dan tata krama yang harus diikuti untuk menjaga ketertiban dan keselarasan. 
    • "Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung": Peribahasa ini mengingatkan kita untuk mengikuti aturan yang berlaku di tempat kita berada. 
  3. 3. Pendidikan:
    • Peran penting pendidikan: Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan akhlak mulia, yang merupakan pondasi masyarakat beradab. 
    • Pengembangan potensi: Pendidikan membantu individu mengembangkan potensinya untuk menjadi manusia yang cerdas, beradab, dan bertanggung jawab. 
Contoh perilaku yang mencerminkan masyarakat beradab:
Mengucapkan salam ketika bertemu atau meninggalkan seseorang, Menjaga kebersihan lingkungan, Menolong orang yang membutuhkan, Menggunakan bahasa yang sopan dan bijak, Menghormati hak-hak orang lain. 
Membangun masyarakat beradab adalah proses yang berkelanjutan yang memerlukan komitmen dari setiap individu untuk menjadi contoh bagi orang lain. 
Tugas 

1. Ketika kita berbelanja di kantin sekolah, maka kita harus mengantri saat membayar makanan dan minuman yang dibeli. Apabila tidak mengantri maka akibatnya....

a. beresiko terhadap keselamatan diri

b. mengganggu kenyamanan dan kebersihan

c. menimbulkan pertengkaran

d. malu dan mendapatkan sanksi administrasi

2.Ketika berkendara di jalan raya, hal berikut yang tidak boleh dilakukan yaitu....

a. menggungakan helm

b. tidak memiliki SIM

c. tidak menerobos lampu merah

d. membawa STNK kendaraan

3. IPAS soal nomor 8

Gambar 10 latihan soal IPAS kelas 4 SD Bab 8, Membangun Masyarakat Beradab Bagian B, Kini Aku Menjadi Lebih Tertib!

Aturan untuk melakukan upacara seperti gambar termasuk aturan...

a. tertulis

b. tidak tertulis

c. hukum

d. nasehat

4. Ketika Tano pergi ke sekolah dari rumah, maka hal berikut yang tidak boleh dilakuka yaitu....

a. salim kepada orang tua

b. meminta doa dari orang tua

c. bergegas langsung berangkat

d. berpamitan kep ada keluarga

5. Perhatikan pernyataan berikut!

1) dibuat pemerintah

2) dibuat masyarakat di suatu wilayah

3) sanksi yang memaksa

4) sanski berupa teguran

Ciri-ciri aturan yang berupa adat istiadat ditunjukkan oleh nomor....

a. 1 dan 2

b. 2 dan 4

c. 3 dan 4

d. 1 dan 3

Kesimpulan

Alhamdulilah pada pelajaran hari ini ananda semua dapat memahami materi ini dengan baik.

Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr wb



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar Selasa 10 Juni 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©