Selasa, 06 Mei 2025

Materi Ajar Selasa 06 mei 2025

| |

  

Identity    :
        Day/Date       : Selas 06 Mei 2025
        Grade            : 4 A
        Lesson    :  Matematika 

💥Capaian Pembelaharan : Matematika
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika.

💥Alur Tujuan Pembelajaran    :
Peserta didik mampu mengidentifikasi pengumpulan data dan menyusun data dalam tabel
💥Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengumpulkan data, menyusun data dalam tabel dan membaca tabel

💥Metode Pembelajaran : Demonstrasi & penugasan

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning? 
Before study, let's Pray together

 
Ringkasan materi

Yuk kita simak video pembelajaran nya



1. Penyusunan Tabel

Mustofa mengalami kecelakaan dan luka. 

Berikut adalah beberapa kecelakaan yang terjadi selama tiga hari di sekolah Mustofa beserta catatan kecelakaan di 2 sekolah.

Catatan Kecelakaan 

Ayo ringkas data pada kedua tabel agar mudah dibaca dan selidiki kecelakaan yang terjadi di sekolah. 

1. Periksa tempat-tempat kecelakaan itu terjadi.

a.) Di mana kecelakaan yang sangat sering terjadi?

b.) Ceritakan hal-hal yang telah kamu catat.

Dari data tersebut dapat diketahui bahwa:

Lapangan
Sekolah A: 3 Siswa
Sekolah B: 3 Siswa

Koridor
Sekolah A: 2 Siswa
Sekolah B: 1 Siswa

Ruang Kelas
Sekolah A: 2 Siswa
Sekolah B: 3 Siswa

Ruang Olahraga
Sekolah A: 4 Siswa
Sekolah B: 3 Siswa

Tangga
Sekolah A: Tidak ada
Sekolah B: 1 Siswa

Jumlah
Banyak Siswa Sekolah A dan B: 22 Siswa

2. Penyusunan Data

Mastoni telah meminta teman-teman sekelasnya untuk melingkari (lingkaran merah) kata ikan atau burung, apakah mereka mempunyai ikan atau burung di rumah.

Data Ikan dan Burung
Data Ikan dan Burung

berdasarkan data diatas tentukan:a.) Berapa banyak siswa yang hanya mempunyai burung?

b.) Berapa banyak siswa yang hanya mempunyai ikan?

Kamu bisa memulai dengan mengelompokkannya satu persatu.

a.) Ikan : Denok, Yun, Keken, Feny, Kiki

Yang hanya mempunyai ikan sebanyak 5 siswa

b.) Burung: Kadek, Nori, Mety, Ika

Yang hanya mempunyai Burung sebanyak 4 siswa

Latihan soal :

Perhatikan catatan kecelakaan di SD Tunas Bangsa berikut!
(Untuk menjawab soal 1 - 3)

KelasTempatJenis Luka
4ruang kelasmemar
5koridormemar
1ruang kelasluka kecil
1lapanganluka kecil
2koridortergores
3koridormemar
6lapanganmemar
5koridortergores
Soal No.1

Ringkasan data yang sesuai dengan tabel di atas yaitu...
A.

Tempat kecelakaan
Banyak siswa
ruang kelas2 orang
lapangan3 orang
koridor3 orang


B.

Tempat kecelakaan
Banyak siswa
ruang kelas3 orang
lapangan2 orang
koridor3 orang

 C.
Tempat kecelakaan
Banyak siswa
ruang kelas2 orang
lapangan2 orang
koridor4 orang

D.
Tempat kecelakaan
Banyak siswa
ruang kelas2 orang
lapangan4 orang
koridor2 orang


Soal No.2
Kecelakaan sangat sering terjadi di....
A. ruang kelas
B. lapangan
C. koridor
D. semua tempat

Soal No.3
Jenis luka yang sering terjadi yaitu...
A. memar
B. luka kecil
C. tergores
D. keseleo
lahirBulan lahir
GinaGianyarJuni
DaniDenpasarJanuari
PutriKarangasemMei
AditGianyarJuni
DedekDenpasarJanuari
BudiKarangasemMei
DavidDenpasarMei
KiranaDenpasarJanuari
CantikaDenpasarJuni
NgurahKarangasemJuni
Soal No.4
Ringkasan data yang sesuai dengan tabel di atas yaitu...
A.
Tempat lahir
Banyak siswa
Gianyar2 orang
Karangasem3 orang
Denpasar5 orang

B.
Tempat lahir
Banyak siswa
Gianyar2 orang
Karangasem4 orang
Denpasar4 orang
Tempat lahir
Banyak siswa
Gianyar2 orang
Karangasem5 orang
Denpasar3 orang


C.

Tempat lahir
Banyak siswa
Gianyar2 orang
Karangasem4 orang
Denpasar4 orang

D.

Tempat lahir
Banyak siswa
Gianyar2 orang
Karangasem2 orang
Denpasar6 orang



Soal No.5

Siswa kelas 4 paling banyak lahir di...
A. Gianyar
B. Karangasem
C. Denpasar
D. Badung 

Perhatikan hewan peliharaan yang dimiliki oleh siswa kelas V!

Soal No.6

Banyaknya siswa yang memiliki kucing sekaligus anjing yaitu...
A. 1 orang
B. 2 orang
C. 3 orang
D. 4 orang

Soal No.7

Banyaknya siswa yang memiliki 1 jenis hewan peliharaan yaitu...
A. 8 orang
B. 9 orang
C. 10 orang
D. 11 orang

Soal No.8

Banyaknya siswa kelas 5 yaitu...
A. 14 orang
B. 15 orang
C. 16 orang
D. 18 orang

Soal No.9

Banyak siswa yang memelihara anjing yaitu...
A. 8 orang
B. 10 orang
C. 11 orang
D. 13 orang

Soal No.10

Banyak siswa yang memelihara kucing yaitu...
A. 6 orang
B. 7 orang
C. 11 orang
D. 12 orang

Kesimpulan

Dalam pembelajaran hari ini masih ada beberapa siswa yang belum memahami materi ini. Maka masih diperlukan bimbingan secara menyeluruh dan memberikan contoh yang kongkret.

Penutup

Alhamdulilah materi hari ini selesai semoga ananda solih solehah dapat memahami dan mempelajari kembali atau mengulang di rumah ya

Wassalamualaikum wr wb


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar Selasa 10 Juni 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©