Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika.
💥Alur Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu mengidentifikasi pengumpulan data dan menyusun data dalam tabel
💥Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengumpulkan data, menyusun data dalam tabel dan membaca tabel
💥Metode Pembelajaran : Demonstrasi & penugasan
Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..
Good Morning my students Grade 4 A
How Are You This Morning?
Before study, let's Pray together
Ringkasan materi
Yuk kita simak video pembelajaran nya
1. Penyusunan Tabel
Mustofa mengalami kecelakaan dan luka.
Berikut adalah beberapa kecelakaan yang terjadi selama tiga hari di sekolah Mustofa beserta catatan kecelakaan di 2 sekolah.
Catatan Kecelakaan
Ayo ringkas data pada kedua tabel agar mudah dibaca dan selidiki kecelakaan yang terjadi di sekolah.
1. Periksa tempat-tempat kecelakaan itu terjadi.
a.) Di mana kecelakaan yang sangat sering terjadi?
b.) Ceritakan hal-hal yang telah kamu catat.
Dari data tersebut dapat diketahui bahwa:
Lapangan Sekolah A: 3 Siswa Sekolah B: 3 Siswa
Koridor Sekolah A: 2 Siswa Sekolah B: 1 Siswa
Ruang Kelas Sekolah A: 2 Siswa Sekolah B: 3 Siswa
Ruang Olahraga Sekolah A: 4 Siswa Sekolah B: 3 Siswa
Tangga Sekolah A: Tidak ada Sekolah B: 1 Siswa
Jumlah Banyak Siswa Sekolah A dan B: 22 Siswa
2. Penyusunan Data
Mastoni telah meminta teman-teman sekelasnya untuk melingkari (lingkaran merah) kata ikan atau burung, apakah mereka mempunyai ikan atau burung di rumah.
Data Ikan dan Burung
berdasarkan data diatas tentukan:a.) Berapa banyak siswa yang hanya mempunyai burung?
b.) Berapa banyak siswa yang hanya mempunyai ikan?
Kamu bisa memulai dengan mengelompokkannya satu persatu.
a.) Ikan : Denok, Yun, Keken, Feny, Kiki
Yang hanya mempunyai ikan sebanyak 5 siswa
b.) Burung: Kadek, Nori, Mety, Ika
Yang hanya mempunyai Burung sebanyak 4 siswa
Latihan soal :
Perhatikan catatan kecelakaan di SD Tunas Bangsa berikut! (Untuk menjawab soal 1 - 3)
Kelas
Tempat
Jenis Luka
4
ruang kelas
memar
5
koridor
memar
1
ruang kelas
luka kecil
1
lapangan
luka kecil
2
koridor
tergores
3
koridor
memar
6
lapangan
memar
5
koridor
tergores
Soal No.1
Ringkasan data yang sesuai dengan tabel di atas yaitu... A.
Tempat kecelakaan
Banyak siswa
ruang kelas
2 orang
lapangan
3 orang
koridor
3 orang
B.
Tempat kecelakaan
Banyak siswa
ruang kelas
3 orang
lapangan
2 orang
koridor
3 orang
C.
Tempat kecelakaan
Banyak siswa
ruang kelas
2 orang
lapangan
2 orang
koridor
4 orang
D.
Tempat kecelakaan
Banyak siswa
ruang kelas
2 orang
lapangan
4 orang
koridor
2 orang
Soal No.2
Kecelakaan sangat sering terjadi di.... A. ruang kelas B. lapangan C. koridor D. semua tempat
Soal No.3
Jenis luka yang sering terjadi yaitu... A. memar B. luka kecil C. tergores D. keseleo
lahir
Bulan lahir
Gina
Gianyar
Juni
Dani
Denpasar
Januari
Putri
Karangasem
Mei
Adit
Gianyar
Juni
Dedek
Denpasar
Januari
Budi
Karangasem
Mei
David
Denpasar
Mei
Kirana
Denpasar
Januari
Cantika
Denpasar
Juni
Ngurah
Karangasem
Juni
Soal No.4
Ringkasan data yang sesuai dengan tabel di atas yaitu... A.
Tempat lahir
Banyak siswa
Gianyar
2 orang
Karangasem
3 orang
Denpasar
5 orang
B.
Tempat lahir
Banyak siswa
Gianyar
2 orang
Karangasem
4 orang
Denpasar
4 orang
Tempat lahir
Banyak siswa
Gianyar
2 orang
Karangasem
5 orang
Denpasar
3 orang
C.
Tempat lahir
Banyak siswa
Gianyar
2 orang
Karangasem
4 orang
Denpasar
4 orang
D.
Tempat lahir
Banyak siswa
Gianyar
2 orang
Karangasem
2 orang
Denpasar
6 orang
Soal No.5
Siswa kelas 4 paling banyak lahir di... A. Gianyar B. Karangasem C. Denpasar D. Badung
Perhatikan hewan peliharaan yang dimiliki oleh siswa kelas V!
Soal No.6
Banyaknya siswa yang memiliki kucing sekaligus anjing yaitu... A. 1 orang B. 2 orang C. 3 orang D. 4 orang
Soal No.7
Banyaknya siswa yang memiliki 1 jenis hewan peliharaan yaitu... A. 8 orang B. 9 orang C. 10 orang D. 11 orang
Soal No.8
Banyaknya siswa kelas 5 yaitu... A. 14 orang B. 15 orang C. 16 orang D. 18 orang
Soal No.9
Banyak siswa yang memelihara anjing yaitu... A. 8 orang B. 10 orang C. 11 orang D. 13 orang
Soal No.10
Banyak siswa yang memelihara kucing yaitu... A. 6 orang B. 7 orang C. 11 orang D. 12 orang
Kesimpulan
Dalam pembelajaran hari ini masih ada beberapa siswa yang belum memahami materi ini. Maka masih diperlukan bimbingan secara menyeluruh dan memberikan contoh yang kongkret.
Penutup
Alhamdulilah materi hari ini selesai semoga ananda solih solehah dapat memahami dan mempelajari kembali atau mengulang di rumah ya
0 komentar:
Posting Komentar