Selasa, 07 Oktober 2025

Materi Ajar Selasa 07 oktober 2025

| |

  


Identitas :
Hari/tanggal             : Selasa 07 Oktober  2025
Kelas / Fase              : 5 A /C
Mata pelajaran         : Pendidikan Pancasila , ipas , matematika
Alokasi waktu          : 1x35 menit
pertemuan ke             : 3
Model pembelajaran : Pendidikan Pancasila (Demonstrasi), IPAS (PBL) dan Matematika ( PBL)
Media pembelajaran : LKPD, Video Pembelajaran 

🌠 Capaian Pembelajaran :

 Pendidikan Pancasila 
2.1 peserta didik diharapkan mampu memahami dan menerapkan berbagai norma dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat, serta mampu menjelaskan pentingnya norma dalam menciptakan kehidupan yang harmonis dan tertib


🌠 Capaian Pembelajaran : matematika

Peserta didik juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal

🌠 Capaian Pembelajaran : ipas
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem;
 
🌅Tujuan pembelajaran : matematika 
2.1 Murid dapay menyelesaikan soal cerita fpb dan KPK 

🌅Tujuan Pembelajaran : IPAS
2.10 Peserta didik bisa mendeskripsikan peran jaring-jaring makanan dalam keseimbangan ekosistem

Pendidikan Pancasila
1.3 murid mampu melakukan penerapan norma dalam kehidupan 

Ringkasan Materi


Pendidikan pancasila

sebelum kita melaksanakan PH bab 2, mari kita pelajari rangkuman berikut ini

Rangkuman Bab 2 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Semester 1 adalah tentang "Norma dalam Kehidupan", yang mencakup makna, jenis-jenis norma (agama, kesusilaan, kesopanan, dan hukum), serta pentingnya menerapkan norma di rumah, sekolah, dan masyarakat untuk menciptakan kehidupan yang tertib dan harmonis. 

Pengertian dan Makna Norma

Norma

adalah aturan atau kaidah yang mengatur perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan. 

Makna Norma

adalah pedoman hidup agar manusia tidak bertindak semena-mena, serta sebagai landasan moral dan etika dalam berinteraksi dengan sesama. 

Jenis-jenis Norma dalam Kehidupan

Norma Agama: Berasal dari ajaran Tuhan yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan dan dengan sesama, misalnya menjalankan ibadah dan berbuat baik.

Norma Kesusilaan: Berasal dari hati nurani atau suara batin manusia, yang mendorong seseorang untuk berbuat jujur dan baik.

Norma Kesopanan: Berasal dari kebiasaan dan adat istiadat masyarakat yang dianggap baik, contohnya bersikap santun kepada orang tua dan guru.

Norma Hukum: Peraturan tertulis atau tidak tertulis yang dibuat oleh pemerintah atau lembaga resmi, yang berisi perintah atau larangan dan mengikat seluruh masyarakat. 

Penerapan Norma dalam Kehidupan

Di Rumah : Menghormati orang tua, menaati nasihat mereka, dan menjaga nama baik keluarga. 

Di Sekolah : Mematuhi tata tertib sekolah, menghormati guru dan teman, serta menjaga kebersihan lingkungan sekolah. 

Di Masyarakat : Menghormati tetangga, menjaga keamanan lingkungan, dan ikut serta dalam kegiatan bersama seperti gotong royong. 

Manfaat Menerapkan Norma

  1. Menciptakan kehidupan yang aman, tertib, dan harmonis.
  2. Memupuk rasa saling menghormati antarindividu dalam masyarakat.
  3. Mengembangkan akhlak mulia, sopan santun, dan kepribadian yang baik pada diri siswa.

Matematika 



FPB dan KPK merupakan salah satu materi yang diajarkan pada mata pelajaran matematika untuk jenjang SMP. Sebagai latihan, siswa perlu banyak mengerjakan beragam contoh soal cerita FPB dan KPK untuk meningkatkan pemahaman.

pengertian dari FPB adalah faktor persekutuan tebesar di antara para anggota faktor persekutuan dari dua bilangan atau lebih. Sedangkan KPK adalah kelipatan persekutuan terkecilnya. 

Soal 1
Adinda akan menjual parsel dalam kotak yang akan diisi oleh 18 kue bolu dan 36 kue stoberi. Tiap kotak akan berisi jenis kue yang jumlahnya sama. Berapa kotak parsel paling banyak yang bisa dibuat Adinda?

Jawaban:

Soal cerita ini berkaitan dengan FPB. Cara menjawabnya, pertama-tama tentukan FPB dari 18 dan 36.

Faktor dari 18 = 1, 2, 3, 6, 9, dan 18.

Faktor dari 36 = 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, dan 36.

Maka, FPB dari 18 dan 36 adalah 18

Jadi, jumlah kotak paling banyak yang bisa dibuat oleh Adinda adalah 18 kotak.

Soal 2
Di jalan Kenanga terdapat tiga buah lampu, yaitu lampu hijau, merah dan kuning. Lampu hijau menyala tiap 4 menit kemudian mati, lampu merah menyala setiap 6 menit lalu padam, lampu hijau menyala tiap 10 menit lantas padam.
Jika saat pertama kali ketiga lampu tersebut menyala bersama-sama, maka pada menit ke berapa ketiganya bisa menyala bersama-sama lagi 
Jawaban:
Soal ini berkaitan dengan KPK. Cara menjawabnya, adalah dicari tahu KPKnya.
Diketahui bahwa:
Lampu hijau menyala tiap 4 menit
Lampu merah menyala tiap 6 menit
Lampu kuning menyala tiap 10 menit
Faktorisasi prima dari 4 = 2 × 2 = 2^2
Faktorisasi prima dari 6 = 2 × 3
Faktorisasi prima dari 10 = 2 × 5
KPK dari 4, 6, dan 10 adalah 2^2 × 3 × 5 = 60
Maka, ketiga lampu tersebut akan menyala lagi di menit ke-60.

Soal 3
Eldo mempunyai 30 kelereng merah dan 36 kelereng biru. Ketiga kelereng tersebut akan ditaruh dalam kotak dengan komposisi yang sama. Berapa banyak kotak terbanyak yang bisa menampung kelereng tesebut?
Jawaban:

Soal cerita ini berkaitan dengan FPB. Cara menjawabnya, pertama-tama tentukan FPB dari 18 dan 36.

Faktor dari 30 = 1, 2, 3, 6, 10 dan 15.

Faktor dari 36 = 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, dan 36.

Maka, FPB dari 30 dan 36 adalah 6

Jadi, jumlah kotak paling banyak yang bisa menyimpan kelereng Eldo adalah 6 kotak.

Soal 4
Riko dan Fahmi akan ikut lomba catur. Riko berlatih tiap tiga hari sekali, sementara Fahmi berlatih dua hari sekali. Bila keduanya berlatih bersama-sama hari Rabu, maka kapan mereka akan berlatih bersama-sama lagi?

Jawaban:

Tentukan terlebih dahulu kelipatan dari 2 dan 3.

Kelipatan 2 = 2, 4, 6, 8, 10, 12, ...
Kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12, ...

Maka didapat bahwa KPK dari 2 dan 3 adalah 6.

Jadi, Riko dan Fahmi akan berlatih bersama lagi 6 hari setelah hari Rabu, yaitu hari Selasa.
 
Penutup
alhamdulilah pada pembelajaran pendidikan pancasila siswa diajak untuk membuat pohon norma yang ada dikehidupan sehari-hari,pada pembelajaram matematika membahas soal cerita dalam penyelesaian soal KPK dan FPB.
pada pembelajaran bahasa indonesia siswa diminta untuk membuat * pembuatan sebuah buku atau cerita fiksi dan non fiksi. dan padapembelajaran seni rupa siswa diminta memahami ikatan dan simpul.
 
penutup demikian pembelajaran hari ini. wassalamualaikum wr wb 
 
kerjakan  soal berikut ini
g


IPAS


Keseimbangan ekosistem adalah keadaan harmonis antara komponen makhluk hidup (biotik) dan tak hidup (abiotik) dalam suatu lingkungan, di mana interaksi mereka berjalan seimbang dan selaras. Hal ini dapat terganggu oleh faktor alam (bencana alam) atau faktor manusia (pencemaran, penebangan hutan, perburuan liar). Upaya menjaga keseimbangan ekosistem meliputi membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan, reboisasi, tebang pilih, serta tidak menggunakan bahan peledak atau pukat harimau untuk menangkap ikan. 

Penyebab Gangguan Keseimbangan Ekosistem
  • Gangguan keseimbangan ekosistem dapat disebabkan oleh dua faktor utama:
  • Faktor Alam: Bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi, atau banjir dapat mengganggu keseimbangan ekosistem secara alami. 
  • Faktor Manusia: Aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab seringkali menyebabkan kerusakan ekosistem yang signifikan: 
  • Pencemaran lingkungan: Pembuangan sampah dan limbah sembarangan, baik ke tanah maupun air. 
  • Perusakan hutan: Penebangan hutan secara liar, pembakaran hutan, atau pembalakan liar. 
  • Perburuan dan penangkapan ikan yang tidak bertanggung jawab: Perburuan hewan liar atau penggunaan bahan peledak dan pukat harimau untuk menangkap ikan. 
  • Penggunaan bahan kimia: Penggunaan insektisida atau pupuk secara berlebihan dapat merusak kesuburan tanah dan ekosistem lainnya. 
Upaya Menjaga Keseimbangan Ekosistem
  • Manusia memiliki peran besar dalam menjaga kelestarian ekosistem. Beberapa upaya yang dapat dilakukan antara lain: 
  • Membuang sampah pada tempatnya: Mengurangi pencemaran tanah dan air. 
  • Menjaga kebersihan lingkungan: Menjaga kebersihan di sekitar kita. 
  • Melakukan reboisasi dan tebang pilih: Menanam kembali pohon dan melakukan penebangan pohon secara selektif. 
  • Tidak membakar hutan sembarangan: Mencegah kebakaran hutan yang merusak ekosistem darat. 
  • Tidak menggunakan pukat harimau dan bahan peledak: Mencegah kerusakan pada ikan-ikan kecil dan ekosistem laut. 
  • Mengurangi penggunaan produk kimia berlebihan: Mengelola limbah kimia agar tidak mencemari lingkungan. 
  • Menghemat energi dan menggunakan produk daur ulang: Mengurangi jejak karbon dan penggunaan sumber daya alam. 

Kesimpulan 
Alhamdulillah materi PKN ananda semua dapat memahami penerapan norma setelah mendemonstrasikan seperti contoh di buku. Materi Matematika ananda sudah mampu mengidentifikasi cara penyelesaian faktorisasi prima dengan metode PBL, Dan materi IPAS ananda dapat memahami keseimbangan ekosistem dengan media video pembelajaran.

Penutup 
Demikian pembelajaran hari ini. Semoga dapat menjadi sumber ilmu. Wassalamu'alaikum wr wb 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi AJar Senin 24 November 2025

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©