2.3 Peserta didik melaksanakan praktik musyawarah untuk membuat kesepakatan dan anturan bersama serta menerapkan nya dalam lingkungan keluarga dan sekolah
3.1 melalui kegiatan menyimak petunjuk yang diberikan dengan seksama, peserta didik dapat belajar memahami dan menganalisis petunjuk untuk menemukan jawaban
Pendidikan Pancasila
Arti penting musyawarah dalam kehidupan manusia.
Pada materi Pendidikan Pancasila Kurikukita akan belajar tentang arti musyawarah.
Musyawarah adalah proses pembahasan bersama tentang suatu hal dengan maksud mencapai keputusan bersama.
Musyawarah juga bisa disebut sebagai cara untuk mendapat keputusan adil melalui kesepakatan yang dilakukan bersama.
Di lingkungan sekitar, kita sering melihat proses pemilihan ketua RT, ketua kelas, hingga ketua karang taruna.
Biasanya, pemilihan ketua itu dilakukan lewat diskusi, penyampaian pendapat, dan disepakati satu pilihan tertentu.
Ini artinya, proses yang dilakukan dalam memilih ketua itu adalah proses dalam musyawarah, teman-teman.
Arti Penting Musyawarah di Kehidupan
Arti musyawarah dalam kehidupan adalah berdiskusi untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah yang menyangkut kepentingan bersama.
Musyawarah merupakan cara yang tepat untuk mengambil keputusan bersama dan merupakan bagian dari demokrasi.
Jika musyawarah terus diterapkan dalam kehidupan manusia, maka ada banyak manfaat yang bisa didapat, yakni:
1. Masalah Bisa Terselesaikan dengan Baik
Umumnya, musyawarah dilakukan dalam suatu kelompok masyarakat karena ada masalah di lingkungannya.
Dengan musyawarah, kita bisa mendapat beberapa pilihan penyelesaian masalah yang jadi kepentingan bersama.
Pendapat yang berbeda antar peserta musyawarah bisa memberi banyak sudut pandang untuk masalah itu.
Banyaknya sudut pandang itu membuat masalah dalam kelompok masyarakat bisa terpecahkan dengan baik.
2. Menyatukan Pendapat yang Berbeda
Perbedaan pendapat pasti ditemukan di setiap musyawarah. Sebab, musyawarah melibatkan lebih dari satu pihak.
Perlu diketahui, perbedaan pendapat dalam musyawarah adalah hal biasa dan bisa dimaknai sebagai suatu seni.
Hal ini karena pendapat yang berbeda-beda itu bisa dikumpulkan untuk ditinjau tentang baik dan buruknya.
Pada akhirnya, dalam musyawarah akan dipilih pendapat yang paling baik untuk disepakati dan dijalankan bersama.
3. Melatih Mengemukakan Pendapat
Dalam proses musyawarah di berbagai tingkatan, setiap orang biasanya memiliki gagasan atau ide yang berbeda.
Dengan adanya musyawarah, kita bisa berlatih untuk mengutarakan pendapat demi mencari solusi atas masalah.
Misalnya, ketika ada musyawarah membahas tempat liburan di keluarga. Setiap anak mengutarakan pendapatnya.
Hal ini bisa melatih anak untuk berbicara dan mengemukakan pendapat nantinya di lingkup yang lebih luas lagi.
4. Meningkatkan Kebersamaan
Manfaat musyawarah dalam kehidupan selanjutnya adalah untuk mempererat hubungan persaudaraan antar peserta.
Saat musyawarah berlangsung, setiap peserta akan berkumpul. Nah, tiap-tiap peserta itu punya karakter berbeda.
Seluruh peserta musyawarah itu diharapkan bisa saling terbuka dalam membahas suatu kepentingan bersama itu.
Hal ini bisa membuat peserta musyawarah jadi lebih dekat karena bersama-sama memahami keinginan satu sama lain.
5. Menghasilkan Keputusan yang Adil
Musyawarah bisa disebut sebagai proses audiensi yang keputusannya diambil berdasarkan kesepakatan bersama.Kesepakatan yang dihasilkan itu tanpa unsur paksakan. Jadi, seluruh peserta bisa menjalankan keputusan dengan baik.
Ini artinya, keputusan yang diambil melalui musyawarah itu bersifat adil dan tidak merugikan peserta musyawarah lain.
Seni Budaya
kegiatan Mengenal dan Mengeksplorasi Ikatan dan Simpul. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah siswa dapat menentukan produk karya seni ikatan dan menyimpul. Siswa dapat menganalisis cara pembuatan karya seni ikatan dan menyimpul yang berada di daerah sekitar. Siswa dapat memilih aneka bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan karya seni ikatan dan menyimpul.
- Simpul Kepala: merupakan simpul awal yang sering digunakan dalam proses pembuatan karya makrame.
- Simpul Tunggal: proses pembuatan simpul tunggal diawali dengan simpul kepala, variasi bentuk dapat diputar ke kiri atau ke kanan sesuai kebutuhan kita. Hasil simpulannya akan tampak seperti tangga, variasi bentuk dapat diputar kekiri atau. ke kanan, sebaiknya lakukan percobaan simpul ini untuk menghasilkan variasi yang menarik.
- Simpul Ganda: proses pembuatan simpul ganda ada kesamaan dengan simpul tunggal. Pada simpul tunggal langkahnya dimulai dari sebelah kiri saja atau dari sebelah kanan saja, sedangkan pada simpul ganda langkahnya dilakukan secara bergantian dari kanan dan kiri atau sebaliknya. Pembuatan simpul ganda bisasanya di awali dengan simpul kepala seperti halnya pada proses pembuatan simpul tunggal.
- Potonglah tali sesuai kebutuhan dan lipatlah bagian tali terbagi dua dan sama panjang;
- Buatlah simpul kepala dengan pelipatkannya pada kayu, pensil, atau yang lainnya;
- Buatlah dua simpul kepala dengan warna yang berbeda agar hasil akhirnya lebih menarik;
- Kemudian tali yang berada di tengah dibiarkan bergantung bebas, sementara bagian tali paling kanan diangkat sehingga menindih dua tali yang tergantung bebas;
- Angkatlah tali pada bagian kiri sehingga posisinya menindih tali yang dari kanan selanjutnya bawa bagian tali tersebut melewati dua bagian pada bagian belakang.
- Selanjutnya tali pada bagian kanan tersebut dimasukan ke bagian depan dan dengan posisi menindih tali pada bagian kanan, selalu lakukan dengan pola yang sama;
- Selanjutnya ujung-ujung tali pada masing-masing bagian ditarik untuk mendapatkan simpul yang kuat erat. Untuk menambah simpul agar lebih panjang dilakukan dengan pengulangan seperti di atas.
- Alat potong: Cutter, Gunting, Pisau, alat potong lainnya.
- Penahan: Pensil, kayu, Ranting pohon, dan lain-lain.
- Benang katun mutiara, benang katun, tali linen, tali cina, tali akrilik, tali jute, tali kulit, tali nylon, dan benang wool.
- Bahan alternatif: Tali Kasur, Tali ljuk, Tali sabut kelapa, Tali akar, Tali yang tersedia di daerah sekitar.
- Manik-manik, biji-bijian, cangkang kerang, cangkang molusca, dan lain-lain untuk hiasan tambahan.
Bahasa Indonesia
Sebelumnya, kita sudah belajar tentang buku fiksi dan buku nonfiksi. Apa teman-teman ingat apa pengertiannya?
Buku fiksi adalah sebuah karya tulis atau teks yang berisi cerita-cerita imajinatif yang diciptakan oleh penulis.
Buku nonfiksi adalah buku yang berisi tulisan berdasarkan fakta atau kejadian nyata di kehidupan sehari-hari.
Nah, untuk membuat isi tulisan dalam buku fiksi maupun buku nonfiki, ada langkah yang perlu diperhatikan.
Langkah-Langkah Menulis Buku
Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan dalam proses menulis teks atau menulis buku, antara lain:
- Menggali ide
- Membuat kerangka
- Menulis teks
- Membuat revisi
Berikut penjelasannya:
1. Menggali Ide
Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menulis adalah menentukan ide atau tema tulisan teman-teman.
Kita bisa banyak membaca buku, jurnal, hingga artikel. Hal ini bisa bantu kita menemukan ide yang menarik.
Dari situ, kita bisa mengelompokkan ide menjadi beberapa tema atau judul. Lalu, pilih yang paling menarik, deh.
Pada buku materi Bahasa Indonesia kelas 5 SD halaman 47, ada beberapa contoh ide tulisan, antara lain:
- Bermain bersama sahabat
- Beternak ayam
- Menolong sesama
- Ketika aku sakit
- Membuat prakarya dari barang bekas
- Sekolahku
- Liburan menyenangkan
2. Membuat Kerangka
Setelah menuliskan dan menentukan ide yang mau ditulis, langkah selanjutnya adalah dengan bikin kerangka.
Perlu diketahui, kerangka buku atau outline adalah rencana struktur buku yang mencakup semua bagiannya.
Kerangka bisa dimulai dengan daftar adegan, poin-poin utama alur cerita, alur karakter, dan alur titik balik.
Setelah membuat kerangka buku secara keseluruhan, kita juga bisa membuat kerangka per bab, teman-teman.
pastikan kerangka jelas, terstruktur, dan saling berkaitan agar nantinya tidak bingung saat menulis.
3. Menulis Teks
Setelah kerangka cerita atau kerangka tulisan jadi, saatnya mengembangkan kerangka jadi teks panjang.Teman-teman bisa menulis teks atau mengembangkan kerangka dalam bentuk paragraf yang jelas dan runtut.Pahami gaya penulisan yang akan digunakan. Sesuaikan juga dengan tema dan target pembacamu, ya.
Selain itu, penulis juga harus menjaga motivasi diri sendiri saat menulis. Ini adalah hal yang paling sulit. Apabila di tengah jalan merasa bosan, maka kita bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan dan istirahat.
4. Membuat Revisi
Langkah berikutnya dalam membuat tulisan adalah mengecek kembali apakah tulisan sudah baik dan rapi.
Gunakan daftar ini sebagai panduan. Tandai bagian yang harus diperbaiki pada tulisan yang teman-teman buat:
- Penulisan judul sudah sesuai dengan isi.
- Tema atau tujuan penulisan sudah sesuai dengan isi cerita.
- Tulisan sudah menggunakan huruf besar dengan tepat.
- Tulisan sudah menggunakan tanda baca dengan tepat.
- Tulisan sudah menggunakan ejaan yang tepat.
Matematika
FPB dan KPK merupakan salah satu materi yang diajarkan pada mata pelajaran matematika untuk jenjang SMP. Sebagai latihan, siswa perlu banyak mengerjakan beragam contoh soal cerita FPB dan KPK untuk meningkatkan pemahaman.
pengertian dari FPB adalah faktor persekutuan tebesar di antara para anggota faktor persekutuan dari dua bilangan atau lebih. Sedangkan KPK adalah kelipatan persekutuan terkecilnya.
Adinda akan menjual parsel dalam kotak yang akan diisi oleh 18 kue bolu dan 36 kue stoberi. Tiap kotak akan berisi jenis kue yang jumlahnya sama. Berapa kotak parsel paling banyak yang bisa dibuat Adinda?
Jawaban:
Soal cerita ini berkaitan dengan FPB. Cara menjawabnya, pertama-tama tentukan FPB dari 18 dan 36.
Faktor dari 18 = 1, 2, 3, 6, 9, dan 18.
Faktor dari 36 = 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, dan 36.
Maka, FPB dari 18 dan 36 adalah 18
Soal 2
Di jalan Kenanga terdapat tiga buah lampu, yaitu lampu hijau, merah dan kuning. Lampu hijau menyala tiap 4 menit kemudian mati, lampu merah menyala setiap 6 menit lalu padam, lampu hijau menyala tiap 10 menit lantas padam.
Jika saat pertama kali ketiga lampu tersebut menyala bersama-sama, maka pada menit ke berapa ketiganya bisa menyala bersama-sama lagi
Jawaban:
Soal ini berkaitan dengan KPK. Cara menjawabnya, adalah dicari tahu KPKnya.
Diketahui bahwa:
Lampu hijau menyala tiap 4 menit
Lampu merah menyala tiap 6 menit
Lampu kuning menyala tiap 10 menit
Faktorisasi prima dari 4 = 2 × 2 = 2^2
Faktorisasi prima dari 6 = 2 × 3
Faktorisasi prima dari 10 = 2 × 5
KPK dari 4, 6, dan 10 adalah 2^2 × 3 × 5 = 60
Maka, ketiga lampu tersebut akan menyala lagi di menit ke-60.
Soal 3
Eldo mempunyai 30 kelereng merah dan 36 kelereng biru. Ketiga kelereng tersebut akan ditaruh dalam kotak dengan komposisi yang sama. Berapa banyak kotak terbanyak yang bisa menampung kelereng tesebut?
0 komentar:
Posting Komentar