Jumat, 30 Agustus 2024

Materi Ajar Jumat 30 Agustus 2024

| |

  

 ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Hari/Tanggal : jum'at  30 Agustus 2024

Kelas : 4A

Capaian Pembelajaran P5:

Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila,  projek pembuatan batik adalah untuk mengenalkan batik kepada peserta didik bahwa batik adalah warisan dunia yang menjadi ciri khas dari budaya Indonesia yang harus kita lestarikan. 

Fokus Materi : 
Mempraktekkan teknik membuat batik Jumputan

Materi P5

 Batik adalah salah satu karya seni khas Indonesia yang terkenal di dunia. Dibuat langsung dengan tangan manusia, ada beberapa teknik membatik yang umum digunakan.

Batik adalah kain Indonesia yang bergambar motif tertentu, dibuat dengan proses khusus menggunakan malam atau lilin.


Teknik Membatik

Membuat batik tidaklah mudah, diperlukan sikap ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Untuk menghasilkan sebuah karya batik, ada beberapa tahapan yang harus dilalui.


Berikut beberapa teknik membatik yang sering digunakan oleh masyarakat:

Teknik Celup Ikat
Teknik ini dapat dikatakan sebagai salah satu yang termudah. Teknik celup ikat merupakan pembuatan motif pada kain dengan cara mengikat sebagian kain, lalu dicelupkan ke dalam larutan pewarna. Setelah diangkat dari larutan pewarna, ikatan dibuka sehingga bagian yang diikat tidak terkena warna.


Teknik celup ikat ini menggunakan tali, benang, dan karet sebagai bahan penghambat atau perintang warna. Celup ikat dikenal di beberapa daerah di Indonesia dengan nama jumputan, tritik (Jawa Tengah dan Yogyakarta) , Sasirangan (Banjarmasin), dan Pelangi (Palembang).



Teknik Colet

Teknik membatik colet biasa disebut juga dengan teknik lukis. Melalui teknik colet, pembatik dapat mengoleskan pewarna kain dengan kuas, lalu melukis motif di atas kain mori.


Teknik ini membutuhkan jiwa seni yang tinggi, karena pembuatnya harus jeli dan kreatif. Langkah demi langkah harus dilakukan dengan tepat agar warnanya menyatu dan tidak ada kesenjangan.


Dalam batik colet, semakin bagus motifnya, maka harganya juga akan semakin tinggi.

Mari kita berlatih membuat batik Jumputan dengan teknik seperti di video







Kesimpulan 

Alhamdulillah  kelas 4A dengan jumlah siswa 11 orang sebagian besar sudah memahami teknis pembuatan batik Jumputan namun masih memerlukan bimbingan dalam hal praktik langsungnya. 
Refleksi & Evaluasi
Untuk pembelajaran hari ini alhamdulillah sudah berjalan baik dan tertib, sehingga membuat kalian dapat memahami dengan baik materi kita hari ini

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi ajar Jum'at 13 September 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©