Senin, 19 Agustus 2024

Materi Ajar Senin 19 Agustus 2024

| |

 


ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG


Hari/Tanggal : Senin,  19 Agustus 2024
Kelas : 4A

MAPEL : Bahasa Indonesia & Matematika

👀Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang sesuai dengan topik.
2.1 Mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi dalam bentuk cetak atau elektronik

Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
       Fokus Materi : mengenal pemakaian awalan me-

👀  Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. 
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

1.2  Melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah

       Fokus Materi : Pembagian dan perkalian bilangan cacah

Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar
Materi Bahasa Indonesia
Apersepsi

Haii,, Good Morning Student.. How are you today?
Masih ingatkan dengan materi Bahasa Indonesia yang telah kita pelajari pada pertemua terakhir kemarin,
minggu kemarin kita sudah belajar tentang menggunaan kalimat dengan penggunaan kata kerja dengan awalan awalan ber-
hari ini kita akan mempelajari awalan Me-
mari kita simak video berikut ini


Fungsi awalan me-

Fungsi utama awalan me- adalah untuk membentuk kata kerja transitif maupun kata kerja intransitif. 

Berikut penjelasannya: Kata kerja transitif adalah kata kerja yang memerlukan obyek. Contohnya: memukul, menendang, dan sebagainya. Kata kerja intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan obyek, misalnya: meloncat, meludah, dan lain-lain.

Makna awalan me-

Makna awalan me- tidak dapat terlepas dari hubungan kalimatnya. 
Contoh:

Mengopi 

1. minum kopi 
2. menyalin 

Melaut 
1. menuju ke laut 
2. berubah menjadi seperti laut

Mengubah bentuk awalan

Penggunaan awalan me-, akan berubah bentuk menjadi meng-, men-, mem-, meny- jika diikuti dengan kata dasar dengan aturan sebagai berikut:

me-
 Tetap me-, jika diikuti dengan kata dasar yang berawalan l, m, n, r, w, y 
Contoh: 
me-lihat menjadi melihat 
me-makan menjadi memakan 
me-rawat menjadi merawat 
me-warna-i menjadi mewarnai
me-yakin-i menjadi meyakini

meng- 
Berubah menjadi meng-, jika diikuti dengan kata dasar yang berawalan 5 huruf vokal a, i, u, e, o dan g, h, k, q, x 
Contoh: 
me-ambil menjadi mengambil 
me- ikat menjadi mengikat 
me-ukur menjadi mengukur 
me-ubah menjadi mengubah 
me-ekor menjadi mengekor 
me-oceh menjadi mengoceh 
me-garuk menjadi menggaruk 
me-hapus menjadi menghapus 
me-kristal menjadi mengkristal 
me-qabul menjadi mengqabul

men- 
Berubah menjadi men-, jika diikuti dengan kata dasar yang berawalan c, d, j, t, z. 
Contoh: 
me-campur menjadi mencampur 
me-duga menjadi menduga 
me-jamur menjadi menjamur 
me-tali menjadi menali (lihat aturan k, t, s, p) 
me-transaksi-kan menjadi mentransaksikan 
me-zakat-i menjadi menzakati 

mem-
Berubah menjadi mem-, jika diikuti dengan kata dasar yang berawalan b, f, p, v.
 Contoh: 
me-buat menjadi membuat 
me-fokus-kan menjadi memfokuskan 
me-produksi menjadi memproduksi 
me-visualisasi-kan menjadi memvisualisasikan

 meny- 
Berubah menjadi meny-, jika diikuti dengan kata dasar yang berawalan s. 

Contoh: me-sapu menjadi menyapu (lihat aturan k, t, s, p) 
me-sponsor-i menjadi mensponsori



Materi Matematika
Apresepsi

Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin?? kemarin kita sudah belajar tentang pembagian 1 angka dan 2 angka,  Yuk kita lanjutkan materi selanjunya....

Pembagian pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari operasi perhitungan dasar matematika atau yang dikenal sebagai aritmatika. Dimana operasi hitungan pembagian ini adalah kebalikannya dari operasi hitungan perkalian. Pada pengoperasiannya, pembagian digunakan untuk menghitung hasil atau jumlah pada suatu bilangan terhadap pembaginya. Ketika kita belajar pembagian, maka tidak akan asing dengan tanda bagi berupa ‘titik dua” atau ( : ) bisa juga menggunakan tanda “garis miring” atau (/).

1. Kita ingin membagi 48 permen karamel sama rata terhadap 9 anak. Berapa permen yang akan diterima setiap anak dan berapa sisanya?(jumlah permen : jumlah anak)

(1) "Bagi"
① "Di mana" hasil bagi diletakkan?
Tekankan pada penentuan hasil bagi di nilai tempat pertama (satuan).

② "Berapa" hasilnya?
Jika hasil baginya adalah 6, maka akan menjadi 9 x 6 = 54, yang menyebabkan bilangan yang dibagi menjadi lebih besar dari yang seharusnya, sehingga 5 yang merupakan hasil bagi dan diletakkan pada nilai tempat pertama (satuan).

(2) "Kalikan"
① 9 × 5 = 45
② Tuliskan 45 di bawah 48 dalam urutan yang  sama.

(3) "Kurangkan, konfirmasi"
① 48 - 45 = 3
② Pastikan sisa 3 lebih kecil dari bilangan pembagi 9.

Cara menghitung 48 : 9 dengan Bersusun
Bagilah 48 karamel ini menjadi 9 bagian untuk setiap orang. Karamel tersebut dibagi kepada berapa orang, dan berapakah sisanya?

“9 kali 6 sama dengan 54” terlalu besar, karena itu aku menggunakan “9 kali 5 sama dengan 45”
① Tulis 5 di atas nilai tempat satuan pada bilangan 48.

Tugas matematika

 

Tugas Latihan
Bahasa Indonesia

Soal 1:

Lengkapi kalimat berikut dengan kata berawalan "me-":

Ayah sedang _____ mobil di garasi.

Soal 2:

Pilihlah kata berawalan "me-" yang tepat untuk melengkapi kalimat berikut:

Ibu sedang _____ sayuran di dapur.

soal 3 

Lengkapi kalimat berikut dengan kata yang berawalan "me-":

Adi _____ bola ke arah temannya.

Soal 4:

Isilah titik-titik berikut dengan kata berawalan "me-":

Santi _____ buku di ruang tamu.

Soal 5:

Tentukan kata berawalan "me-" yang sesuai untuk melengkapi kalimat ini:

Pak guru sedang _____ pelajaran matematika kepada murid-muridnya.

Kesimpulan

Alhamdulillah pada pembelajaran kita hari ini kalian semua sudah dapat memahami materi Bahasa Indonesia tentang awalan ber & me serta Matematika tentang perkalian dan pembagian bilangan cacah dengan baik. dan tugas yang diberikan juga sudah dapat mengerjakan dengan mandiri.

Refleksi & Evaluasi

Untuk pembelajaran Bahasa Indonesia & Matematika hari ini berjalan lancar dan ananda semua sudah dapat memahami materi ini dengan baik.

Penutup

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar RAbu, 18 September 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©