Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
Fokus Materi : mengenal pemakaian awalan me-
👀 Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:
1.2 Melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah
Fokus Materi : Pembagian dan perkalian bilangan cacah
Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar
Materi Bahasa Indonesia
Apersepsi
Haii,, Good Morning Student.. How are you today?
Masih ingatkan dengan materi Bahasa Indonesia yang telah kita pelajari pada pertemua terakhir kemarin,
minggu kemarin kita sudah belajar tentang menggunaan kalimat dengan penggunaan kata kerja dengan awalan awalan ber-
hari ini kita akan mempelajari awalan Me-
mari kita simak video berikut ini
Fungsi awalan me-
Fungsi utama awalan me- adalah untuk membentuk kata kerja transitif maupun kata kerja intransitif.
Berikut penjelasannya: Kata kerja transitif adalah kata kerja yang memerlukan obyek. Contohnya: memukul, menendang, dan sebagainya. Kata kerja intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan obyek, misalnya: meloncat, meludah, dan lain-lain.
Makna awalan me-
Makna awalan me- tidak dapat terlepas dari hubungan kalimatnya.
Contoh:
Mengopi
1. minum kopi
2. menyalin
Melaut
1. menuju ke laut
2. berubah menjadi seperti laut
Mengubah bentuk awalan
Penggunaan awalan me-, akan berubah bentuk menjadi meng-, men-, mem-, meny- jika diikuti dengan kata dasar dengan aturan sebagai berikut:
me-
Tetap me-, jika diikuti dengan kata dasar yang berawalan l, m, n, r, w, y
Contoh:
me-lihat menjadi melihat
me-makan menjadi memakan
me-rawat menjadi merawat
me-warna-i menjadi mewarnai
me-yakin-i menjadi meyakini
meng-
Berubah menjadi meng-, jika diikuti dengan kata dasar yang berawalan 5 huruf vokal a, i, u, e, o dan g, h, k, q, x
Contoh:
me-ambil menjadi mengambil
me- ikat menjadi mengikat
me-ukur menjadi mengukur
me-ubah menjadi mengubah
me-ekor menjadi mengekor
me-oceh menjadi mengoceh
me-garuk menjadi menggaruk
me-hapus menjadi menghapus
me-kristal menjadi mengkristal
me-qabul menjadi mengqabul
men-
Berubah menjadi men-, jika diikuti dengan kata dasar yang berawalan c, d, j, t, z.
Contoh:
me-campur menjadi mencampur
me-duga menjadi menduga
me-jamur menjadi menjamur
me-tali menjadi menali (lihat aturan k, t, s, p)
me-transaksi-kan menjadi mentransaksikan
me-zakat-i menjadi menzakati
mem-
Berubah menjadi mem-, jika diikuti dengan kata dasar yang berawalan b, f, p, v.
Contoh:
me-buat menjadi membuat
me-fokus-kan menjadi memfokuskan
me-produksi menjadi memproduksi
me-visualisasi-kan menjadi memvisualisasikan
meny-
Berubah menjadi meny-, jika diikuti dengan kata dasar yang berawalan s.
Contoh: me-sapu menjadi menyapu (lihat aturan k, t, s, p)
me-sponsor-i menjadi mensponsori
Materi Matematika
Apresepsi
Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin?? kemarin kita sudah belajar tentang pembagian 1 angka dan 2 angka, Yuk kita lanjutkan materi selanjunya....
Pembagian pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari operasi perhitungan dasar matematika atau yang dikenal sebagai aritmatika. Dimana operasi hitungan pembagian ini adalah kebalikannya dari operasi hitungan perkalian. Pada pengoperasiannya, pembagian digunakan untuk menghitung hasil atau jumlah pada suatu bilangan terhadap pembaginya. Ketika kita belajar pembagian, maka tidak akan asing dengan tanda bagi berupa ‘titik dua” atau ( : ) bisa juga menggunakan tanda “garis miring” atau (/).
1. Kita ingin membagi 48 permen karamel sama rata terhadap 9 anak. Berapa permen yang akan diterima setiap anak dan berapa sisanya?(jumlah permen : jumlah anak)
(1) "Bagi"
① "Di mana" hasil bagi diletakkan?
Tekankan pada penentuan hasil bagi di nilai tempat pertama (satuan).
② "Berapa" hasilnya?
Jika hasil baginya adalah 6, maka akan menjadi 9 x 6 = 54, yang menyebabkan bilangan yang dibagi menjadi lebih besar dari yang seharusnya, sehingga 5 yang merupakan hasil bagi dan diletakkan pada nilai tempat pertama (satuan).
(2) "Kalikan"
① 9 × 5 = 45
② Tuliskan 45 di bawah 48 dalam urutan yang sama.
(3) "Kurangkan, konfirmasi"
① 48 - 45 = 3
② Pastikan sisa 3 lebih kecil dari bilangan pembagi 9.
Cara menghitung 48 : 9 dengan Bersusun
Bagilah 48 karamel ini menjadi 9 bagian untuk setiap orang. Karamel tersebut dibagi kepada berapa orang, dan berapakah sisanya?
“9 kali 6 sama dengan 54” terlalu besar, karena itu aku menggunakan “9 kali 5 sama dengan 45”
① Tulis 5 di atas nilai tempat satuan pada bilangan 48.
Tugas Latihan
Bahasa Indonesia
Soal 1
Tentukan awalan yang tepat untuk mengubah kata dasar "baca" menjadi kata kerja.
A. mem-
B. me-
C. me-
D. men-
Soal 2
Pilihlah kalimat yang menggunakan imbuhan awalan me- dengan benar.
A. Dia sedang mendengarkan musik dari speaker.
B. Kami memperhatikan pemandangan dari atas gunung.
C. Dia menggambar gambar yang sangat indah.
D. Mereka sedang melukis rumah mereka.
Soal 3
Manakah dari kata berikut ini yang merupakan kata kerja dengan imbuhan awalan me-?
A. menjual
B. meletakkan
C. memperbaiki
D. menyanyikan
Soal 4
Apa imbuhan awalan yang tepat untuk kata dasar "tulis" sehingga berarti "menulis"?
A. me-
B. men-
C. mem-
D. men-
Soal 5
Gabungkan kata dasar berikut dengan awalan me- untuk membuat kata kerja yang tepat: "main."
A. men-main
B. me-main
C. mem-main
D. me-main
matematika
Soal 1
Berapa hasil dari 7 x 8?
A. 54
B. 56
C. 64
D. 72
Soal 2
Jika 45 dibagi 9, berapa hasilnya?
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
Soal 3
Anna memiliki 6 kotak, dan setiap kotak berisi 9 permen. Berapa total permen yang dimiliki Anna?
A. 45
B. 54
C. 63
D. 72
Soal 4
Rina membagi 36 apel menjadi 4 keranjang dengan jumlah yang sama. Berapa apel di setiap keranjang?
A. 8
B. 9
C. 10
D. 12
Soal 5
Jika 7 x 5 = 35, maka berapa 35 dibagi 7?
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
Kesimpulan
Alhamdulillah pada pembelajaran kita hari ini kalian semua sudah dapat memahami materi Bahasa Indonesia tentang awalan ber & me serta Matematika tentang perkalian dan pembagian bilangan cacah dengan baik. dan tugas yang diberikan juga sudah dapat mengerjakan dengan mandiri.
Refleksi & Evaluasi
Untuk pembelajaran Bahasa Indonesia & Matematika hari ini berjalan lancar dan ananda semua sudah dapat memahami materi ini dengan baik.
Penutup
0 komentar:
Posting Komentar