Kamis, 15 Agustus 2024

Materi Ajar Kamis 15 Agustus 2024

| |

 


ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG


Hari/Tanggal : Kamis,  15 Agustus 2024
Kelas : 4A

Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila :
Peserta didik mampu memahami dan menyebutkan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik; menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila:
1. Mengidentifikasi nilai-nilai pada Pancasila  dalam kehidupan sehari-hari.

      Fokus materi : Nilai Nilai kepahlawanan

👀Capaian Pembelajaran IPAS

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Tujuan Pembelajaran :
1.3      Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Fokus Materi : Proses Fotosintesis
Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar


Materi Pendidikan Pancasila
Di pembelajaran pendidikan Pancasila pertemuan terakhir kemarin kita sudah belajar tentang hal-hal yang bisa diteladani dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dari anggota BPUPKI dan PPKI. Nah sekarang kita melanjutkan pembelajarannya ya, hari ini kita akan belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan dalam perumusan Pancasila.

A. Pancasila sebagai hasil musyawarah untuk mufakat
Musyawarah dilakukan untuk membicarakan hal-hal yang belum disepakati atau memadukan beberapa pendapat yang berbeda sehingga mendapatkan kesepakatan bersama-sama, para pahlawan nasional memberikan contoh kepada kita semua dalam menyelesaikan permasalahan dengan musyawarah seperti pada rapat sidang BPUPKI PPKI dan lainnya.  Dasar negara Indonesia adalah Pancasila yang merupakan hasil kesepakatan dan keputusan bersama para tokoh bangsa Indonesia. 

B. Pancasila sebagai kesepakatan bersama
Para pendiri bangsa Indonesia melakukan kesepakatan bersama atas Pancasila sebagai dasar negara kesepakatan bersama ini diperoleh dengan rangkaian pembahasan dalam sidang BPUPKI.  Pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945 sidang BPUPKI membahas tentang dasar negara Indonesia. Dr radjiman sebagai ketua BPUPKI mengajukan pertanyaan kepada peserta rapat yang akan dibangun? Pertanyaan ini disambut dengan adanya beberapa usulan. Dari 11 orang yang merespon 3 diantaranya Ir. Soekarno, Moh Yamin dan prof Dr Soepomo mengajukan naskah rancangan dasar negara.

C. Nasionalisme yang tinggi
Pancasila merupakan hasil kesepakatan dalam musyawarah, tidak semua 
sependapat pada awal musyawarah namun setelah melakukan pertimbangan yang 
matang demi kepentingan bangsa dan negara akhirnya dicapailah sebuah
keputusan mufakat. Semoga menerima dengan lapang dada setelah keputusan
diambil dan melaksanakan keputusan dengan penuh tanggung jawab. 

Menerima keputusan dengan penuh tanggung jawab adalah sikap yang patut
diteladani seperti yang dicontohkan pada pendiri negara yang telah bergabung
dalam BPUPKI dan PPKI yang memberikan contoh baik dalam menerima
keputusan bersama.  Semua anggota PPKI menerima keputusan yang diambil dan
melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab demi persatuan dan kesatuan
bangsa. Para pendiri bangsa selalu menempatkan kepentingan negara di atas
kepentingan pribadi sebagai bentuk nasionalisme atau cinta tanah air yang tinggi.

D. Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila

Nilai-nilai kebersamaan dalam perumusan Pancasila tercermin dalam beberapa hal sebagai berikut:
1. Inisiatif peserta dalam mengajukan rancangan dasar negara
2. Panitia sembilan menerima pancasila sebagai dasar negara mencantumkan 5 dasar negara dalam alinea keempat piagam Jakarta yang kemudian menjadi pembukaan undang-undang 1945 setelah mengalami perubahan sila pertama
3. Semangat kebersamaan dalam menerima perubahan piagam Jakarta oleh
4. UUD 1945 disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 dan PPKI yang didalamnya memuat lima dasar negara Indonesia


TUGAS!
Kerjakan di buku latihanmu!
1. Fungsi utama Pancasila adalah sebagai .... 
2. Rumusan Pancasila yang dipakai sampai saat ini tercantum dalam ... 
3. Sebutkan nilai-nilai juang para tokoh pendiri negara.......
4. Pancasila merupakan salah satu bentuk ... 
5. Sikap yang ditampilkan para tokoh pendiri negara pada saat merumuskan Pancasila di antaranya.....

Apersepsi IPAS
apakah masih ingat dengan bagian dan fungsi tumbuhan?
hari ini kita akan mengetahui cara tumbuhan mempertahankan dirinya agar dapat memasak makan nya sendiri. yaitu dengan cara melakukan proses fotosintesis.

Fotosintesis adalah suatu proses pembuatan atau pembentukan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil dengan bantuan bantuan energi cahaya matahari.
Bagaimana proses fotosintesis terjadi? Ada empat hal penting yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis. Pertama air atau H2O, lalu karbondioksida atau CO2, klorofil, dan terakhir cahaya matahari. Air didapatkan tumbuhan dari dalam tanah yang diserap oleh akar dialirkan ke seluruh bagian tumbuhan termasuk daun.


Kemudian karbondioksida didapatkan dari udara yang masuk melalui stomata. Stomata ini letaknya di bagian bawah daun. Proses fotosintesis terjadi ketika klorofil di daun menangkap cahaya matahari dan menggunakannya untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi gula dan oksigen

Gula yang dihasilkan dapat digunakan langsung oleh tumbuhan atau disimpan dalam bagian lain seperti buah yang sering kita konsumsi. Selain gula, fotosintesis juga menghasilkan oksigen yang akan keluar melalui stomata ke udara dan kita gunakan untuk bernafas.


berikut ini adalah video penjelasan dari proses fotosintesis

KESIMPULAN

Alhamdulillah  kelas 4A dengan jumlah siswa 11 orang sebagian besar sudah memahami materi nilai-nilai kepahlawanan. Namun masih ada beberapa siswa yang masih peru bimbingan tentang materi proses fotosintesis

Refleksi & Evaluasi
Untuk pembelajaran hari ini alhamdulillah sudah berjalan baik dan tertib, sehingga membuat kalian dapat memahami dengan baik materi kita hari ini

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar RAbu, 18 September 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©