Senin, 05 Agustus 2024

Materi Ajar Senin 05 Agustus 2024

| |

  
ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG


Hari/Tanggal : Senin,  05 Agustus 2024
Kelas : 4A

👀Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia\
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang sesuai dengan topik.
2.1 Mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi dalam bentuk cetak atau elektronik

Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
       Fokus Materi : mengenal pemakaian awalan ber-

👀  Capaian Pembelajaran Matematika

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. 

Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

1.2  Melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah

       Fokus Materi : Pembagian dengan bilangan 1 angka

Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar

Materi Bahasa Indonesia
Apersepsi

Haii,, Good Morning Student.. How are you today?
Masih ingatkan dengan materi Bahasa Indonesia yang telah kita pelajari pada pertemua terakhir kemarin,
minggu kearin kita sudah belajar tentang menggunaan kalimat dengan penggunaan kata kerja dengan awalan awalan me-

Bentuk Umum Kata Awalan 'Ber-"
Ini adalah bentuk umum yang paling mudah kita terapkan. Sebab, kita hanya tinggal menambahkan awalan 'ber-' tanpa adanya perubahan bentuk. 
Contoh: 
- Ber + kunjung, menjadi berkunjung. 
- Ber + buah, menjadi berbuah. 
- Ber + main, menjadi bermain
Bentuk Awalan 'Ber-' Berubah Menjadi 'Be-', Jika Huruf Awal Kata Dasarnya 'R'
Awalan 'ber-' bisa berubah bentuk menjadi 'be-' jika huruf awal kata dasaranya adalah r. 
Contoh: 
- Ber + racun, menjadi beracun.
- Ber + ragam, menjadi beragam.
- Ber + rambut, menjadi berambut.
agar jelas kita simak video di bawah ini.

Latihan  Soal

Soal Pilihan Ganda
     Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat berikut adalah “Dia _______usaha dengan keras untuk mencapai cita-citanya.” a) ber
b) ter
c) mer
d) se
      Manakah dari kata berikut yang menggunakan awalan ber-?
a) berlari
b) bermain
c) menyanyi
d) tidur
     Pilihlah kalimat yang benar!
a) Mereka bersepeda di taman.
b) Dia mengajar di sekolah.
c) Kami bermain di halaman.
d) Ibu memasak di dapur.
      Kata “bertemu” memiliki arti:
a) Menghindari
b) Bertemu secara kebetulan
c) Berjalan
d) Menemukan
     Kata yang memiliki awalan ber- adalah:
a) Membangun
b) Menyiram
c) Berkendara
d) Menggambar

Soal Isian
     Lengkapi kalimat berikut dengan kata yang tepat:
“Ayah suka ________ di taman setiap sore.” (gunakan awalan ber-)
     Ubah kata “baca” menjadi kata dengan awalan ber-!
Jawaban: ___________
      Buatlah kalimat menggunakan kata “bermain”!
      Apa arti dari kata “berjalan”?
Jawaban: ___________
      Sebutkan 3 contoh kata yang menggunakan awalan ber-!

Materi Matematika
Apresepsi

Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin?? kemarin kita sudah belajar tentang pembagian 1 angka dan 2 angka,  Yuk kita lanjutkan materi selanjunya....

Pembagian pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari operasi perhitungan dasar matematika atau yang dikenal sebagai aritmatika. Dimana operasi hitungan pembagian ini adalah kebalikannya dari operasi hitungan perkalian. Pada pengoperasiannya, pembagian digunakan untuk menghitung hasil atau jumlah pada suatu bilangan terhadap pembaginya. Ketika kita belajar pembagian, maka tidak akan asing dengan tanda bagi berupa ‘titik dua” atau ( : ) bisa juga menggunakan tanda “garis miring” atau (/).

1. Kita ingin membagi 48 permen karamel sama rata terhadap 9 anak. Berapa permen yang akan diterima setiap anak dan berapa sisanya?(jumlah permen : jumlah anak)

(1) "Bagi"
① "Di mana" hasil bagi diletakkan?
Tekankan pada penentuan hasil bagi di nilai tempat pertama (satuan).

② "Berapa" hasilnya?
Jika hasil baginya adalah 6, maka akan menjadi 9 x 6 = 54, yang menyebabkan bilangan yang dibagi menjadi lebih besar dari yang seharusnya, sehingga 5 yang merupakan hasil bagi dan diletakkan pada nilai tempat pertama (satuan).

(2) "Kalikan"
① 9 × 5 = 45
② Tuliskan 45 di bawah 48 dalam urutan yang  sama.

(3) "Kurangkan, konfirmasi"
① 48 - 45 = 3
② Pastikan sisa 3 lebih kecil dari bilangan pembagi 9.

Cara menghitung 48 : 9 dengan Bersusun
Bagilah 48 karamel ini menjadi 9 bagian untuk setiap orang. Karamel tersebut dibagi kepada berapa orang, dan berapakah sisanya?
Pembagian
“9 kali 6 sama dengan 54” terlalu besar, karena itu aku menggunakan “9 kali 5 sama dengan 45”
① Tulis 5 di atas nilai tempat satuan pada bilangan 48.

Latihan Soal Matematika

 

Kesimpulan
Alhamdulillah pada pembelajaran kita hari ini kalian semua sudah dapat memahami materi dengan baik. dan tugas yang diberikan juga sudah dapat mengerjakan dengan mandiri.

Refleksi & Evaluasi

Untuk pembelajaran Bahasa Indonesia & Matematika hari ini berjalan lancar dan ananda semua sudah dapat memahami materi ini dengan baik.

Penutup

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi ajar jumat 23 November 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©