Selasa, 20 Agustus 2024

Materi Ajar Selasa 20 Agustus 2024

| |

 

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Hari/tanggal : Selasa, 20 Agustus 2024

Kelas : 4A

MAPEL :  Matematika & Pendidikan Pancasila

👀  Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. 
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

1.2  Melakukan operasi hitung matematika

       Fokus Materi : Sifat Komutatif, Distributif dan asosiatif
👀  Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru; mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah; melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah

Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila:
1. 2.1  Peserta didik mampu menjelaskan makna aturan dan norma

2.2  Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di rumah , sekolah dan lingkungan sekitar

      Fokus materi : Norma di lingkungan sekitar


Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar
Materi Matematika 
Apersepsi

Haii,, Good Morning Student.. How are you today?
Masih ingatkan dengan materimatematika yang telah kita pelajari pada pertemuan terakhir kemarin,
kemarin kita sudah belajar tentang perkalian dan pembagian bilangan cacah. hari ini kita akan masuk ke materi operasi hitung matematika dengan sifat komutatif, distributif dan asosiatif
mari kita simak video berikut ini

 Bilangan cacah adalah jenis bilangan yang digunakan untuk menghitung benda-benda, orang, atau hal-hal lain yang dapat dihitung.

1. Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah

Siswa belajar cara menjumlahkan dan mengurangkan bilangan cacah dengan menggunakan metode berhitung atau algoritma tertentu.

Contoh:

3 + 2 = 5

8 – 4 = 4

2. Pembagian Bilangan Cacah

Konsep pembagian sederhana mungkin juga diperkenalkan, seperti membagi objek secara adil antara beberapa orang.

Contoh:

12 ÷ 3 = 4 (12 dapat dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing berisi 4)

3. Perkalian Bilangan Cacah

Siswa mungkin diperkenalkan dengan konsep perkalian dasar, seperti mengalikan dua bilangan cacah.

Contoh:

3 × 4 = 12

4. Pencacahan

Siswa belajar tentang teknik pencacahan untuk menghitung jumlah total objek dalam sebuah kelompok atau himpunan.

Contoh:

Menghitung jumlah buah apel dalam sebuah keranjang.

5. Pola Bilangan Cacah

Siswa mungkin diperkenalkan dengan pola bilangan, seperti deret bilangan ganjil atau genap, dan mencari aturan polanya.

Contoh:

2, 4, 6, 8, … (deret bilangan genap)


Materi PKN
Norma merupakan kaidah atau aturan yang harus dipatuhi oleh setiap manusia dalam
menjalankan berbagai aktivitas kehidupannya dalam kehidupan di keluarga, masyarakat,
maupun kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap manusia mempunyai sifat dan
keinginan atau kepentingan yang berbeda-berbeda.

Berikut penyelasan masing-masing norma dan contoh yang ada di sekitar kita.

Yuk, simak penjelasannya!

1. Norma agama

Norma agama merupakan sekumpulan peraturan hidup mamusia yang berasal dari Tuhan. Umumnya norma agama akan membuat manusia mengendalikan sikap dalam kehidupan sehari-hari. Contoh norma agama yang paling umum ialah beribadah sesuai kepercayaan dan agamanya.

2. Norma kesusilaan

Norma kesusilaan sendiri muncul dari hati nurani manusia ketika melakukan suatu hal.Umumnya norma tersebut bersifat lokal di masyarakat tertentu. Jika masyarakat melakukan pelanggaran maka akan ada sanksi sosial seperti dikucilkan atau muncul rasa penyesalan, Kids. Contoh dari norma kesusilaan yaitu selalu jujur dan memperlakukan mahkluk hidup dengan baik.

3. Norma kesopanan

Secara umum norma kesopanan akan muncul di masyarakat atau komunitas. Norma kesopanan merupakan aturan-aturan yang memfokuskan kepada perbuatan seseorang dalam menjaga sopan santun. Meski begitu, setiap wilayah memiliki norma kesopanan yang berbeda-beda. Contoh norma kesopanan yang paling umum ialah menghargai seseorang ketika berbicara. Lalu, hormat kepada orang yang lebih tua.

perhatikan video pembelajaran berikut ini.


 
Penilaian Harian Matemattika
Pilihan Ganda:
  1. Hasil dari 345 + 129 adalah... a. 464
    b. 474
    c. 484
    d. 494

  2. Hasil dari 678 - 234 adalah... a. 444
    b. 454
    c. 464
    d. 474

  3. Bilangan cacah terbesar dari 3, 15, 7, 10 adalah... a. 3
    b. 7
    c. 10
    d. 15

  4. Angka 563 ditulis dalam bentuk kata menjadi... a. Lima ratus enam puluh tiga
    b. Enam ratus lima puluh tiga
    c. Lima ratus tiga puluh enam
    d. Tiga ratus lima puluh enam

  5. Jika 8 × 6 = 48, maka 48 ÷ 8 = ... a. 5
    b. 6
    c. 7
    d. 8

  6. Hasil dari 25 × 4 adalah... a. 90
    b. 100
    c. 110
    d. 120

  7. Perkalian yang hasilnya 64 adalah... a. 8 × 7
    b. 9 × 6
    c. 8 × 8
    d. 7 × 9

  8. Bilangan yang bukan bilangan cacah adalah... a. 0
    b. 1
    c. -1
    d. 10

  9. Jumlah dari 256 + 145 adalah... a. 391
    b. 401
    c. 411
    d. 421

  10. Hasil dari 300 ÷ 5 adalah...

  11. a. 50
    b. 55
    c. 60
    d. 65

  12. Jika 15 × 3 = 45, maka 45 ÷ 15 = ...

  13. a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4

  14. Urutan bilangan cacah dari yang terkecil adalah... 

  15. a. 10, 7, 4, 1
    b. 1, 4, 7, 10
    c. 7, 4, 10, 1
    d. 4, 7, 1, 10

  16. Bilangan cacah antara 12 dan 16 adalah... 

  17. a. 11
    b. 13
    c. 17
    d. 19

  18. Hasil dari 7 × 9 adalah... 

  19. a. 54
    b. 63
    c. 72
    d. 81

  20. Hasil dari 144 ÷ 12 adalah... 

  21. a. 10
    b. 11
    c. 12
    d. 13

  22. Jika 4 × 5 = 20, maka 20 ÷ 4 = ... 

  23. a. 4
    b. 5
    c. 6
    d. 7

  24. Hasil dari 625 ÷ 5 adalah...

  25. a. 115
    b. 125
    c. 135
    d. 145

  26. Bilangan 250 lebih besar dari...?

  27. a. 150
    b. 300
    c. 350
    d. 400

  28. Jumlah dari 480 + 120 adalah...

  29. a. 580
    b. 590
    c. 600
    d. 610

  30.  hasil dari 800 ÷ 10 adalah...

  31. a. 70
    b. 80
    c. 90
    d. 100

Kesimpulan

Alhamdulillah pada pembelajaran kita hari ini kalian semua sudah dapat memahami materi matematika bilangan cacah melalui penilaian yang sudah kalian kerjakan tadi.. Dan juga pendidikan pancasiala dengan materi norma sudah dipahami dengan baikmelalui tugas yang m dan tmdiberikan juga sudah dapat mengerjakan dengan mandiri.

Refleksi & Evaluasi

Untuk pembelajaran Bahasa Indonesia & Matematika hari ini berjalan lancar dan ananda semua sudah dapat memahami materi ini dengan baik.

Penutup

Latihan 

1. Hitunglah hasil dari 6 + 3 da

2. Hitunglah hasil dari :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar RAbu, 18 September 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©