Senin, 26 Agustus 2024

Materi Ajar Senin 26 Agustus 2024

| |

لسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG


Hari/Tanggal : Senin,  26 Agustus 2024
Kelas : 4A

MAPEL : Bahasa Indonesia & Matematika

👀Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang sesuai dengan topik.
2.1 Mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi dalam bentuk cetak atau elektronik

Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
       Fokus Materi : mengenal pemakaian awalan ber-

👀  Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. 
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

1.2  Melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah

       Fokus Materi : Pembagian dan perkalian bilangan cacah

Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar
Materi Bahasa Indonesia
Apersepsi

Haii,, Good Morning Student.. How are you today?
Masih ingatkan dengan materi Bahasa Indonesia yang telah kita pelajari pada pertemua terakhir kemarin,
minggu kemarin kita sudah belajar tentang menggunaan kalimat dengan penggunaan kata kerja dengan awalan awalan ber-
hari ini kita akan mempelajari awalan Me-
mari kita simak video berikut ini


Penggunaan Awalan Ber- dan Fungsinya

Pengertian awalan ber- dalam bahasa Indonesia adalah salah satu bentuk afiksasi yang digunakan untuk mengubah kata kerja atau kata benda. Kata tersebut diubah menjadi kata kerja yang mengandung makna perbuatan, kegiatan, atau tindakan oleh subjeknya.


Berikut adalah beberapa penggunaan awalan ber- secara umum.

1. Penggunaan pada Kata Kerja

Awalan ber- dapat digunakan pada kata kerja untuk mengindikasikan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek.

Contoh: Budi sedang bermain bola di lapangan.

2. Penggunaan pada Kata Benda

Awalan ber- juga dapat digunakan pada kata benda. Berfungsi untuk mengubahnya menjadi kata kerja dan mengindikasikan aktivitas yang berkaitan dengan benda tersebut.

Contoh: Dia bersepeda setiap pagi.

3. Penggunaan pada Aktivitas Bersama

Awalan ber- juga digunakan untuk mengindikasikan aktivitas yang dilakukan bersama-sama oleh beberapa orang atau subjek.

Contoh: Mereka berbicara tentang rencana perjalanan.

Contoh Kalimat dengan Penggunaan Awalan Ber-

Penggunaan Awalan Ber- dan Fungsi

Pengertian awalan ber- dalam bahasa Indonesia adalah salah satu bentuk afiksasi yang digunakan untuk mengubah kata kerja atau kata benda. Kata tersebut diubah menjadi kata kerja yang mengandung makna perbuatan, kegiatan, atau tindakan oleh subjeknya.


Berikut adalah beberapa penggunaan awalan ber- secara umum.

1. Penggunaan pada Kata Kerja

Awalan ber- dapat digunakan pada kata kerja untuk mengindikasikan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subject

Contoh: Budi sedang bermain bola di lapangan.

2. Penggunaan pada Kata Benda

Awalan ber- juga dapat digunakan pada kata benda. Berfungsi untuk mengubahnya menjadi kata kerja dan mengindikasikan aktivitas yang berkaitan dengan benda tersebut.

Contoh: Dia bersepeda setiap pagi.

3. Penggunaan pada Aktivitas Bersama

Awalan ber- juga digunakan untuk mengindikasikan aktivitas yang dilakukan bersama-sama oleh beberapa orang atau subjek.

Contoh: Mereka berbicara tentang rencana perjalanan.

Contoh Kalimat dengan Penggunaan Awalan Ber

Secara lengkap, inilah beberapa contoh kalimat dengan penggunaan awalan ber- yang tepat.

  1. Dia suka berlari di taman setiap pagi.

  2. Anak-anak sedang bermain di halaman sekolah.

  3. Saya ingin berbicara dengan Anda tentang proyek ini.

  4. Mereka akan berpergian ke luar negeri untuk liburan musim panas.

  5. Guru di kelas 6 SD itu sangat sabar dalam berbagi ilmunya dengan para murid.

  6. Setiap pagi, dia selalu bermeditasi untuk merelaksasi diri.

  7. Tim sepak bola sedang berlatih dengan keras untuk pertandingan besar ini.

  8. Saat liburan, Budi dan keluarganya suka berpetualang ke alam bebas.

  9. Bapak sedang berdiskusi dengan rekan-rekan kerja tentang rencana proyek.

  10. Ani ingin berkolaborasi dengan Rini dalam menyelesaikan tugas ini.


Materi Matematika
Apresepsi

Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin?? kemarin kita sudah belajar tentang pembagian 1 angka dan 2 angka,  Yuk kita lanjutkan materi selanjunya....

Pembagian pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari operasi perhitungan dasar matematika atau yang dikenal sebagai aritmatika. Dimana operasi hitungan pembagian ini adalah kebalikannya dari operasi hitungan perkalian. Pada pengoperasiannya, pembagian digunakan untuk menghitung hasil atau jumlah pada suatu bilangan terhadap pembaginya. Ketika kita belajar pembagian, maka tidak akan asing dengan tanda bagi berupa ‘titik dua” atau ( : ) bisa juga menggunakan tanda “garis miring” atau (/).

1. Kita ingin membagi 48 permen karamel sama rata terhadap 9 anak. Berapa permen yang akan diterima setiap anak dan berapa sisanya?(jumlah permen : jumlah anak)

(1) "Bagi"
① "Di mana" hasil bagi diletakkan?
Tekankan pada penentuan hasil bagi di nilai tempat pertama (satuan).

② "Berapa" hasilnya?
Jika hasil baginya adalah 6, maka akan menjadi 9 x 6 = 54, yang menyebabkan bilangan yang dibagi menjadi lebih besar dari yang seharusnya, sehingga 5 yang merupakan hasil bagi dan diletakkan pada nilai tempat pertama (satuan).

(2) "Kalikan"
① 9 × 5 = 45
② Tuliskan 45 di bawah 48 dalam urutan yang  sama.

(3) "Kurangkan, konfirmasi"
① 48 - 45 = 3
② Pastikan sisa 3 lebih kecil dari bilangan pembagi 9.

Cara menghitung 48 : 9 dengan Bersusun
Bagilah 48 karamel ini menjadi 9 bagian untuk setiap orang. Karamel tersebut dibagi kepada berapa orang, dan berapakah sisanya?

“9 kali 6 sama dengan 54” terlalu besar, karena itu aku menggunakan “9 kali 5 sama dengan 45”
① Tulis 5 di atas nilai tempat satuan pada bilangan 48.

Tugas matematika

 

Tugas Latihan
Bahasa Indonesia

Kesimpulan

Alhamdulillah pada pembelajaran kita hari ini kalian semua sudah dapat memahami materi Bahasa Indonesia tentang awalan ber- serta Matematika tentang perkalian dan pembagian bilangan cacah dengan baik. dan tugas yang diberikan juga sudah dapat mengerjakan dengan mandiri.

Refleksi & Evaluasi

Untuk pembelajaran Bahasa Indonesia & Matematika hari ini berjalan lancar dan ananda semua sudah dapat memahami materi ini dengan baik.

Penutup

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar RAbu, 18 September 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©