Selasa, 27 Agustus 2024

Materi Ajar Selasa 27 AGustus 2024

| |

 

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
Hari/tanggal : Selasa, 27 Agustus 2024
Kelas : 4A
1.2  Melakukan operasi hitung matematika
Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila:

Aturan Pembagian
Dalam aturan pembagian setiap siswa perlu memperhatikan besaran angka dan pembaginya.
Misalnya ada 24 cokelat, yang akan dibagikan kepada 8 orang anak.
Maka berapa banyak cokelat yang diterima oleh setiap anak?
Jawaban:
Cara menghitung => jumlah objek : angka pembaginya
=> Jadi 24 cokelat : 8 orang anak
=> Maka tiap anak akan mendapatkan 3 cokelat.
MAPEL :  Matematika & Pendidikan Pancasila

👀  Capaian Pembelajaran Matematika
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. 
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:
       Fokus Materi : aturan Pembagian
👀  Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru; mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah; melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah


1. 2.1  Peserta didik mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban dilingkungan sekitar
      Fokus materi : Musyawarah dan mufakat


Sebelum belajar marilah kita bersama sama untuk membaca doa belajar
 
Apersepsi Matematika
Haii,, Good Morning Student.. How are you today?
Masih ingatkan dengan materimatematika yang telah kita pelajari pada pertemuan terakhir kemarin,
kemarin kita sudah belajar tentang perkalian dan pembagian bilangan cacah. hari ini kita akan masuk ke materi operasi hitung matematika dengan sifat komutatif, distributif dan asosiatif
mari kita simak video berikut ini
Pada materi bab 2 kali ini membahas tentang Perhitungan Pembagian.
Para siswa diajarkan untuk mengetahui cara dan aturan pembagian.
Jika dalam operasi perkalian, hasilnya disebut hasil kali, maka di operasi pembagian hasilnya disebut hasil bagi.
Hasil kali didapatkan dari tumpukan atau penjumlahan berulang dari suatu angka
Sementara hasil bagi didapatkan dari ukuran, perbandingan, atau pengurangan berulang dari suatu angka.


Aturan yang bisa kamu amati antar pembagi dan hasil baginya, simak contoh soal dan jawaban berikut ini:

Kunci Jawaban Soal Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Volume 1 Halaman 25
Soal Matematika dan Jawabannya

Dari contoh soal tersebut maka kita bisa melihat aturan dalam perhitungan pembagian.

Kelihatannya ada aturan tertentu.


Jika pembaginya menjadi 2 kali lebih besar, maka jawabannya juga akan lebih kecil.


Contoh menghitung dengan aturan pembagian sederhana jika dibagi dengan angka 10.

Misalnya membagi 1200 dengan 10 akan menghilangkan satu angka 0.

Jika kamu membaginya dengan 10 lagi, maka akan hilang satu 0 lagi.

Ini berarti membagi dengan 100 akan menghilangkan dua 0.

Cara atau aturan pembagian ini bisa kamu praktikkan untuk menghitung angka ratusan atau puluhan dengan sederhana.


Contoh soal:

1.200: 300

Dapat disederhanakan dengan membaginya dengan angka 100 pada masing-masing angkanya.

Jika dibagi dengan 100 maka ada 2 angka 0 yang bisa dihilangkan pada masing-masing angka:

=> 1.200 : 300 => dibagi 100

=> 12 : 3 

=> 4.



Materi Pendidikan Pancasila
Apresepsi
Halo my studens, How are you today. Alhamdulillah hari inikita masi diberikan kesehatan yaaa.....
Masih ingatkah kalian materi yang sudah kita pelajari pada hari sebelumnya??

Nah kemarin kita sudah belajar tentang hak dan kewajiban  baik itu di lingkungan rumah, sekolah maupun Masyayarakat. Hari ini ini kita lanjutkan pembelajaran kita dengan  musyawarah dan mufakat.

Musyawarah dilakukan dalam berbagai kegiatan. Baik di sekolah maupun di masyarakat.

Musyawarah biasanya dilakukan untuk mencapai kesepakatan bersama mengenai suatu persoalan yang di sebutdengan mufakat.

Di dalam musyawarah harus ada tujuan yang diputuskan atau dihasilkan, di antaranya:

1. Memberikan kesempatan dan menyelesaikan kesulitan untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang atau perspektif.

Sehingga dapat menghasilkan keputusan sesuai dengan standar dan persepsi anggota musyawarah.

2. Untuk mendapatkan kesepakatan bersama sehingga keputusan yang diambil dalam masyarakat dapat diterima dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh anggota musyawarah.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat musyawarah, yaitu:

1. Dapat menyatukan pendapat yang berbeda.

2. Mencari kebenaran dan mencegah kekeliruan.

3. Permasalahan dapat segera teratasi.

4. Setiap keputusan yang diambil dalam musyawarah memiliki nilai keadilan.

5. Melatih untuk mengemukakan pendapat di depan banyak orang.


Tugas!

Tulislah latihan soal berikut di buku tugasmu!

1. musyawarah adalah....

2. mengapa di lakukan musyawarah.....

3. siapa yang harus ikut serta dalam musyaarah.....

4. hasil kesepakatan bersama disebut dengan.....


kesimpulan

alhamdulillah pembelajaran kita hari ini dapat berjalan dengan baik. pada materi Matematika tenteng aturan pembagian ananda sudah cukup paham dan beberapa siswa masih memerlukan bimbingan dalam mengerjakan soal ceritanya. dan pada materi pwlajaran Pendidikan Pancasila tentanng Musyawarah mufakat, ananda semua sudah memahami dengan baik dengan baik.


Penutup

Demikian Pembelajaran hari ini semoga bermanfaat, dan kita kembali bertemu esok hari,, bu guru akhiri


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Materi Ajar RAbu, 18 September 2024

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©