Welcome to SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Rabu, 21 Agustus 2024
Kelas : 4A
MAPEL : IPAS & SBDP
👀Capaian Pembelajaran IPAS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
1.3 Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Fokus Materi : Proses Fotosintesis
Capaian pembelajaran Seni Rupa
peserta didik mampu mengamati, mengenal, merekam dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan garis pijak dan proporsi.
Tujuan pembelajaran :
1.1 peserta didik memahami penggunaan garis pijak dan proporsi dalam menuangkan pengalaman nya keseharian nya dalam kehidupan sehari-hari
Fokus materi :Menggambar Rumah Tetangga
APERSEPSI
Apersepsi IPAS
apakah masih ingat dengan bagian dan fungsi tumbuhan?
hari ini kita akan mengetahui cara tumbuhan mempertahankan dirinya agar dapat memasak makan nya sendiri. yaitu dengan cara melakukan proses fotosintesis.
Fotosintesis adalah suatu proses pembuatan atau pembentukan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil dengan bantuan bantuan energi cahaya matahari.
Bagaimana proses fotosintesis terjadi? Ada empat hal penting yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis. Pertama air atau H2O, lalu karbondioksida atau CO2, klorofil, dan terakhir cahaya matahari. Air didapatkan tumbuhan dari dalam tanah yang diserap oleh akar dialirkan ke seluruh bagian tumbuhan termasuk daun.
Kemudian karbondioksida didapatkan dari udara yang masuk melalui stomata. Stomata ini letaknya di bagian bawah daun. Proses fotosintesis terjadi ketika klorofil di daun menangkap cahaya matahari dan menggunakannya untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi gula dan oksigen
Gula yang dihasilkan dapat digunakan langsung oleh tumbuhan atau disimpan dalam bagian lain seperti buah yang sering kita konsumsi. Selain gula, fotosintesis juga menghasilkan oksigen yang akan keluar melalui stomata ke udara dan kita gunakan untuk bernafas.
berikut ini adalah video penjelasan dari proses fotosintesis
Apresepsi SENI RUPA
Pada unit 1 ini, kita akan belajar mengenal lingkungan sosial untuk dijadikan objek dalam kegiatan menggambar. Ada beberapa tahapan dalam menggambar rumah tetangga yaitu mengenal lingkungan sekitar dengan mengamati rumah tetangga, mengenal bentuk rumah di Indonesia, prinsip menggambar, dan menggambar rumah tetangga dengan perspektif.
A. Bentuk Rumah di Indonesia
Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki beragam suku, budaya, agama, dan bahasa yang menyatu dalam satu kesatuan. Keberagaman ini menjadi kekayaan yang patut diapresiasi dan dilestarikan.
Alhamdulillah ananda kelas 4 A hari ini sudah belajar tentang IPAS (proses Fotosintesis) dan Seni Rupa dan kalian sudah dapat memahami materi kita hari ini.
masih terdapat 2 orang siswa yang masih memerlukan bimbingan terkait materi IPAS yakni menjelaskan proses fotosintesis secara benar melaui media gambar.
Refleksi & Evaluasi
Untuk pembelajaran hari ini alhamdulillah sudah berjalan baik dan tertib, sehingga membuat kalian dapat memahami dengan baik materi kita hari ini
Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar